Minggu, 24 September 2017

Mendidik anak cerdas financial sejak dini #10

Hari ini kami sekeluarga menghadiri pernikahan saudara.

Saat suasana sudah mulai saya iseng kepo tanya2 😆

Td mas kawinnya apa?
"bla bla bla"

Uang yang di bawa brp?
"bla bla bla"

Setelah ngobrol arus sana sini sampai selesei sayapun menatap wajah aisyah yg sudah nampak sangat lelah.
Sambil berkata "dek, jadi anak yang shalihah ya, taat sama Allah,, kerjakan ibadah dengan maksimal. In syaaAllah bunda percaya seorang yang shalih akan menghargai wanitanya walau bukan dalam bentuk mahar yang besar. Karena pria shalih  akan memberikan mu lebih dari itu. Ia akan membantumu mendapatkan syurganya Allah yang nilainya jauh sekali dari sebesar apapun mahar seseorang."

Eh eh eh ko udah bahas ginian yak 😂😂
#day11

Sabtu, 23 September 2017

Mendidik anak cerdas financial sejak dini #10

Hari 10
Rezeki datang dari hasil silaturahim
.
.
Assalamualaikum "piit"

Terdengar suara di depan rumah.
"Iaa masukk "

Ternyta suara pakde Aisyah.
#bajuaisyah
Dan Aisyah langsung di berikan kantong plastik berisikan sepasang baju.

#akunGrab
Setelah cerita panjang lebar mendengarkan  curhatan suami mengenai perGojekan belakangan kmrn. Lngsung ia di tawarkan akun transportasi umum lainnya (selain gojek) yang sudah terverifikasi

#kantongberas
Sudah belakangan ini Alhamdulillah persediaan beras habis. Alhamdulillah masih bisa membeli beras eceran di warung. Eng ing Eng setelah pakdenya mau pulang ternyta di tinggalkan sekarang ukuran kecil beras. Maa syaaAllah

#bazarbaju
Seusai sholat maghrib pakde melihat tumpukan baju di kamar yang kosong dan sempat mempertanyakan ttg itu. Eh di ajakin untuk join an isi Bazar untuk menjualkan Baju 2 yg ada itu. Alhamdulillah peluang

Diatas segelintir hasil silaturahim yang kami rasakan. Maa syaaAllah berkah berkah 😀 aamiiin

Seusai pulang dan Aisyah di pakai kan baju yg tadi di bawakan
Eh maa syaaAllah yuk kita ucapkan terimakasih ke Allah Yuk.

Jumat, 22 September 2017

Mendidik anak cerdas financial sejak dini #9

Kesehatan aisyah sedang menurun 2 hari belakangan ini. Mohon doanya agar lekas sembuh 😇🙆

Bicara tentang rezeki maa syaaAllah hari ini Allah membuka jalan Itu dengan sangat indah.

Saat suami sudah Mondar mandir karena pemasukan yg sdg tdk stabil namun banyak yang Harus terselesaikan di akhir bulan ini membuat suami mendaftarkan diri ke gojek grup sebagai saran menjemput rezeki.

Saya sebagai istri hanya akan mendukungnya dan membantu sebisa mungkin. Walau agak tidak yakin akan bisa menjalankan gojeknya itu. 🙈 rasanya kalau suami pergi sendiri harus ikut aja gtu. Gak tega klo ia pergi sendirian 😇😢😘😆

Setiap ia berangkat rasanya pengen tau kabarnya terus #aihh

"gimana ayah, ada order kah di gojeknya"

"aku udh muter2 gak dpt orderan masa,"

"Ya Allah sabar ya ayah, semangaattt"

Berikut lah sedikit percakapan kami saat masing2 sedang H2C (harap2 Cemas)

Then
Siapa sangka saat hampir dua pekan bolak balik urus pergojekan depok - Bekasi, depok- Jakarta. dan  belajar cari pelanggan ternyta tidak semudah yang di pikirkan. Dan kabar baik itu datang sore hari ini selepas mau wudhu mau sholat asar.

"bunda, liat ini"
Nominal 5jetian lebih masuk di orderan

Barokallah, maa syaaAllah
Perhitungan Allah memang tdk pernah salah dan tidak ada yang sia2.

ternyta kosong nya orderan gojek itu Allah lekas gantikan pada saat justru ia sdg berada dirumah, dengan nominal mungkin sangat berkali 2 lipat dari orderan gojek. 😇😇

#day9

Kamis, 21 September 2017

Mendidik anak cerdas financial sejak dini #8

"Hadza min fadli Robbi"

Sungguh rezeki tak melulu soal uang. Kehadiran Aisyah di tengah2 ayah bunda merupakan rezeki berharga yang amat besar.

Setiap kali ada satu kemajuan yang bunda liat dari Aisyah bunda selalu bersyukur atas rezeki ini. Yang karena aisyah hadir ayah Bunda pun belajar mjd orangtua.

Ingat saat Aisyah bermain dengan teman2nya. Dan Aisyah yang masih kekeuh karena tidak mau meminjamkan mainan nya sampai akhirnya nangis.

Dan ia seketika berhenti nangis saat saya menjelaskan bahwa "mainan nya itu hanya titipan dari Allah. Bukan milik aisyah saja tapi ada hak teman2 aisyah boleh meminjamnya jg disitu. Nah kalau aisyah lagi main bareng jadi nnti harus berbagi mainan ya. Saling pinjam. Boleh ko. Okeh nak? "

IA pun mengangguk seakan mengerti atas penjelasan saya.

Dan benar saja setelah ia bertemu dengan temannya lahir ia dengan senang hati membolehkan temannya untuk meminjam mainan miliknya.

Pasti di awali dengan kalimat" ni njam nih"

(re: nih boleh pinjam nih) mungkin itu yang ia maksud.

Barokallah nak shalihah.
Sehat selalu dan tambah shalihah ya 😊

Rabu, 20 September 2017

Mendidik anak cerdas financial sejak dini #7

Rencana hari ini bikin kenclengan namun gagal karena ternyta suhu badannya aisyah cukup tinggi. Jadilah hr ini lbh sering nempel dan bobo sambil mimi sama bunda. Mungkin karena memang benar2 sdg tdk nyaman. Semoga lekas sehat ya nak.
.
.
Konsep rezeki yang belakangan ini di dengar setelah pertemuan dengan IIP. "rezeki itu pasti, kemuliaan lah yang di cari" rasanya NYESS bgt. Karena sebelumnya sangat mengkhawatirkan rezeki namun tdk memikirkan kemuliaan, Allah maaf kan.

Jadilah sepanjang tadi perjalanan pulang dari warung sempat bercerita ke Aisyah, bahwa kita tdk perlu menghabiskan waktu kita untuk mencari rezeki. Namun kewajiban2 kita terhadap Allah tdk di laksanakan atau lalai.

Rezeki itu masing2 org sudah ada jatah ya nak, begitu dengan rezeki Aisyah, ayah, dan bunda. Kita tdk boleh khawatir untuk hal itu.
Tugas kita adalah ikhtiar untuk menjemputnya. Tentu di barengi dengan Doa yang tulus. Maka saat misalnya Ayah sedang keluar untuk mengerjakan tugasnya kita yang ada dirumah harus lebih banyak Dekat 2 sama Allah, atau ayah sedang sibuk di komputer, aisyah main dlu sama bunda.. Dll..

Nah sambil nunggu ayah dirumah kita doa deh memohon sama Allah agar semuanya di lancarkan dan berkah ya..

(aisyah masih lemes Namun tetap seakan menyimak) sesekali ia menjawab dengan "iyaah" 😅😅

#day7

Selasa, 19 September 2017

Mendidik anak cerdas financial sejak dini #6

Hari ini seusai aisyah ikut belanja sayur dengan bunda. Kita berdua mencoba mengumpulkan Kpn2 yang ada dirumah dan rencana besok akan mulai membuat celengan sederhana.

Sangat semangat ketika aisyah di minta tolong. "wah uangnya jatuh nah, boleh bantu bunda ambilin uangnya?, Yuk kita kumpulin disini" hari ini kita berdua batu membereskan koin yang di dapur. Kebiasaan buruk bunda jg nih jatuh uang koin berceceran 😀

Dan saat di mintai tolong, aisyah melakukannya dengan antusias sekali padahal kondisi badannya lg panas dr semalam. 😢 cepet pulih ya nak..

Sambil membereskan koin sambil saya sisipi nilai tentang kebutuhan kita akan uang dan tidak boleh di gunakan seenaknya saja.

Senin, 18 September 2017

Mendidik anak cerdas financial sejak dini #5

Saat pagi menjelang siang di tempat tukang sayur.
.
.
Aisyah mau semangka?
Mau "jawabnya"
Yaudah beli semangkanya setengah aja ya, karena bunda bawa uangnya hanya pas untuk hari ini. Nnti kita makan semangka dirumah bareng sama ayah.

Karena kita sudah beli semangka jadi lauknya ini aja ya nanti. "sambil saya menunjukan beberapa jenis lauk dan sayur untuk di masak."

Ketika di jalan pulang saya pun tetap mencoba menjelaskan kenapa hr ini kita lauknya sayur asem dan tahu saja.

"td bunda beli sayur asem sama tahu, nnti kita masak bareng ya nak. Ini masih ada kembalian nya nnti kita pakai kalau ada kebutuhan lain aja. In syaaAllah menu hari ini cukup ya.. Nnti cemilan nya semangka deh.
Okeh?

" keeh" jawabnya menanggapi penjelasan sy..
Hihii

Alhamdulillah ya hari ini Allah masih memberikan kita rezeki yang cukup. Yuk berterima kasih kepada Allah.. " ya Allah terimakasih untuk semua rezekiMu, aisyah bisa makan nanti dirumah deh"

Eh Tetiba dy sahut dengan kata "aamiin"

Tuh kan aisyah makin pintar 😍
Alhamdulillah
Barokallah nak

#day5

Follow by Email