Senin, 21 Agustus 2017

Semua Anak Adalah Bintang #4

Ikut Bunda Masak...
Horaaaiii

Mungkin itu teriakan dalam Hatinya kalau bunda udah ada di dapur. 🙌🙌🙌🙌

Masih tentang project masak kami. Kali ini mengenai "Masak Nasi Goreng"

Seperti biasa saya selalu ingin mengusahakan untuk sudah rapih bikin sarapan sebelum jam 09.00 dan Alhamdulillah sejak jam 07.30 kami (Bunda +Aisyah) sudah selesei berkeliling tempat jual sayuran untuk menu hari ini. Walau akhirnya jadi di awali masak nasi goreng untuk menu sarapannya (keinget ada ayam goreng telur asin yang masih sisa dr makan malem sebelumnya) hee :3

Jadilah setelah kami berdua berbelanja langsung masuk dapur dan mengeksekusi. Di perjalananpun saya sudah bilang ke Aisyah kalau untuk sarapan nnti ayah bunda makannya nasi goreng pakai ayam sisaan semalam. Nah untuk Aisyah sarapan pake oat + coklat keju. "Nanti aisyah maem nya yang banyak ya. Biar tambah sehat dan cepat besar.. 😍"( ucap saya dalam perjalanan tersebut)

Jreeeeng
Nasi goreng sudah siap untuk di porsikan  dan oat langsung bunda bergegas untuk segera dibuat juga dan didinginkan agar bisa langsung dimakan sama aisyah.

Jreeeeng (lagi)
Di awali saya yg mengambil piring dan mengisi dengan porsi sarapan nasi gorengnya. Lalu piring satunya untuk porsi ayah

Dan apa yang terjadi????

Aisyah menampakkan oatnya dan mengambil alih piring bundanya 😰😰😰

Nasi gorengnya agak pedes paling pas nyobain juga udahan (ucap saya ke suami)

Satu suap terlewati

Lanjut kesuapan kedua dan seterusnya

Ayah pun masih asik makan dengan porsi yang ada di hadapan ya.
sementara Saya hanya memperhatikan ia menyuapkan satu persatu makanannya masuk kedalam mulut. 

Gak lama kemudian suamipun habis sarapannya dan saya yang masih keherananpun bertanya ke suami "Ayah nasi gorengnya menurut ayah pedes ga si??"
Lumayan (jawabnya)

"ini ko aisyah lahap banget, udah keringetan banget juga. Jilbabnya sampe basah (belum buka jilbab sedari pulang dr warung) dan sempat geleng2 mungkin krn kepedesan juga.. Maa syaaAllah, sehat ya nak" ucap saya sambil tetap memperhatikan ia makan yang sudah hampir habis walau bnyak juga yang berceceran di lantai.

"Dy kepedesan itu tapi ketagihan juga kali" (jawab pak suami menimpali). Nih kamu makan pake piring aku aja. (sahut pak suami karena melihat saya yang belum juga mulai makan)

Beberapa menit kemudian ia berganti posisi berkali2 (ya Allah nak kamu menghibur bunda banget bisa makan selah ap dan sebanyak ini, makan sendiri lagi. Ya Allah makasi ya Allah) terus 2an saya ucapkan rasa syukur sambil sedikit2 ambil celah untuk bisa mendokumentasikannya di HP.

Dan sesi sarapan pun di akhir I setelah terdengar suara segerombolan BEBEK yang berjalan di depan rumah. Dengan sangat cepat ia berdiri dan mengintip jendela sambil mencari bebeknya...

Setelah ia kembali kami Sama2 mengucapkan  doa selesei makan.

Alhamdulillah

#PipitJayanti
#level7
#Bintangkeluarga
#hari4
#KuliahBunsayIIP

Minggu, 20 Agustus 2017

Semua Anak Adalah Bintang #3

Kegiatan yang membuatnya sangat berbinar 2 adalah main airrrr...

Siapa si anak yang tidak seneng dengan kegiatan satu ini???

Pun  dengan aisyah. Sangat senang kalau mendengar Kucuran kerana air menyala. Pasti ia akan langsung mengatakan "airrrr airrrr" dan bergegas mencari sumber bunyi tsb. 😂😂😂

Dan bersyukur walau sempat panik di awal ketika saya mengetahui bahwa rumah baru kami di bagian depannya terdapat keran yg ukuran tingginya cukup rendah dan bisa di gapai oleh aisyah.

"waduh ini tempat mainnya Aisyah bgt kalau beginimah!!!"

Hihiii dan benar ia selalu betah main disitu.

Dan project kali ini yg kami kerjakan ialah "bersama menyiram tanaman dan membersihkan teras rumahhh" yeayyy

Di samping ada sedikit halaman yg bisa dijadikan untuk bercocock tanam. Tp krn bunda blm sempat cari bibit2 untuk di tanamnya jd kali ini kita hanya menyiram tanaman yg sudah ada. Yakni beberapa pohon cabai dan daun pandan.

Yup saya cukup mengajarinya bbrpakali untuk memindahkan air dr ember ke tanaman. Dan ia sudah langsung ahli sepertinya. Bagaimana reaksinya??

(tidak perlu di tanyakan lagi)
Bahagia penuh binar.. Alhamdulillah

#Tantamgan10hari
#KuliahBunsayIIP
#level7
#Bintangkeluarga
#hari3

Sabtu, 19 Agustus 2017

Semua Anak Adalah Bintang #2

Kegiatan yang bikin Aisyah selalu berbinar adalah "ikut bunda masak"..

Alhamdulillah masih kecil udah hobi bgt dan gak mau ketinggalan bundanya klo udh bereksperimen di dapur. Selalu minta di kasih kerjaan yang sama kalau gak di turuti yg ada kan bilang "endooong" (re; gendong) 😂😂😂

Bundanya harus ekstra sabar dan tetap waras.

Begituan dengan hari ini dimana bunda kedatangan teman semasa kuliah dan kita masak bareng. Bahkan saya sudah memberitahukannya sejak jauh2 hari kalau ada teman bunda yg akan dtg untuk main bersilaturahmi, dan nanti kita akan MASAK 2.. Tak lupa juga saya mengajaknya untuk mencari Bahan2 keperluan untuk masaknya. Dan sesekali menanyakan perihal sebuah keputusan yang akan di ambil.

Misal saat memilih Aluminium foil untuk membuat macaroni schootel. Saat di toko plastik saya sempat menanyakan padanya tentang ukuran yg akan kita pakai.

Alhamdulillah ia selalu dengan senang hati membantu bundanya.

Shalihah selalu ya nak.
Aisyah kalah sudah besar mau aja apa nak?
😊

#PipitJayanti
#hari2
#level7
#KuliahBunsayIIP
#Bintangkeluarga

Jumat, 18 Agustus 2017

Semua Anak Adalah Bintang

17 agustus kemarin merupakan perdana kami sekeluarga sebagai warga baru ikut berpartisipasi di masyarakat. Karena masih sekitar 2 mingguan kami berpindah ke tempat baru ini.
.
.
Mengamati tingkah Aisyah yang saya tetap akan selalu menganggapnya anak Bintang. Membuat saya selalu takjub dengan setiap olah tingkah barunya.

Anak yang lebih dominan koleris ini selalu ingin semuanya bisa ia kerjakan. Pun saat lomba2 kemarin berlangsung. Setiap hal yang saya atau ayahnya kerjakan tentu akan sangat senang ikut "membantu".

Ternyta terlihat di kejadian saat kami sekeluarga kumpul di acara 17 dengan warga. Banyak sekali orang yg hilir mudik mulai dari para panitia yang sibuk mempersiapkan acara. Para peserta dan penonton yang ada. Ketika ada panitia yang menuju lapangan ia akan ikut pula menuju lapangan dan berlagak "so sibuk" Hihiii

Sampai akhirnya saya yang harus mengalihkan perhatiannya untuk melihat binatang yang ada di sekitar. 😂 dan alhasil kami berdua berhasil menemukan banyak binatang baru. Seperti kaku dan kelinci.

Sabtu, 29 Juli 2017

Temukan matematika di sekitar #10

Alhamdulillah ternyta sudah sampai di hari #10

Anak lincah, shalihah dan cerdas satu ini luar biasa menggemaskannya 😇😇
Ayah Bundanya selalu dibuat gemas oleh tingkahnya.

Saat siang tadi ia diajak makan oleh nenek ya dirumah baru kami dengan santai dan lahap nya ia selalu menyantap setiap suapan dr nenek. Padahal kalau dirumah biasanya makan sendiri maunya 😁

Sudah ke beberapa suap eh dy mengajak nenek untuk masuk ke dalam rumah, kalau duduk di lantai sambil dengan wajah lucu ya bilang "sinii satu, mam. (Sambil panggil2 nenek diminta untuk masuk kerumah) "
Aisyah laper??
(sambil angguk2 dan dy bilang he'ehh laper)

Jd Mungkin yang ia maksud "kesini, aisyah mau emam satu lagi"

😇😇😇

#Tantamgan10hari
#PipitJayanti
#gameLevel6
#hari10
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Jumat, 28 Juli 2017

Temukan matematika di sekitar #9

Saat makan cemilan bersama Aisyah jagung susu keju hari ini ada hal yang menggemaskan 😆😆😆

Jagung untuk aisyah sudah saya pisahkan dan saya pun menyisihkan jagung di wadah yang berbeda untuk saya pribadi. Namun apa yang terjadi??

Kedua wadah itu diambil keduanya dan saya coba untuk menjelaskan kalau yang satunya itu punya bunda yang ini punya Aisyah. Dan iapun menganggur seolah mengerti sambio memberikan wadah satunya ke saya.

Saya ambillah yang ia berikan untuk saya eeeeeheh ehh diambil lg ternyta sama dia sambil bilang "aisyah" (maksudnya ini punya aisyah).

Dan kemudian menyuapi saya jagung dengan sendok yang ia pegang.
Sambil terus ia menyuapi saya  mengatakan "saaatuuuu" sambil menunjukkan jari telunjuk di hadapan ya.. Eh eh dy malah ikut pengatakan "atuu" juga tapi meletakkan jari telunjuk nya ke mulut seolah saya mengatakan "be quiet" #sssssshh..

😆😆
Pas saya bilang "duaaa" eh dy malah asik tangan mengikuti saya (angka 2) tapi sambil bilang #ciiiisss (seolah mau di foto)

😅😅😅

Pikiran mereka Betul 2 sederhana..
SATU = be quiet ssshhh
DUA = ciiiiisss

Alhamdulillah

#Tantamgan10hari
#PipitJayanti
#gameLevel6
#hari9
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Kamis, 27 Juli 2017

Temukan matematika di sekitar #8

BERAT - RINGAN

Menjelang pindahan kami sekeluarga lumayan heboh mempersiapkan segalanya. Jadi dari jauh2 hari sudah mulai mempacking setiap barang yang sekiranya tdk dipakai dalam waktu dekat.

Saat saya angkut 2 barang Aisyah tentu tidak akan mau diam melihat ayah bundanya kewelahan tanpa ia ikut merasakanya. 😇

Alhasil saat saya meminta suami untuk mendorong lemari baju kami ternyta ia yang sangat antusias langsung menghampiri berlagak mendorong 😂😂
"berat ya nak ya? Karena lemari ya besar dan banyak baju2nya" itu kalimat yang saya lontarkan ketika ia mengikuti gerakan ayahnya mendorong lemari.

Dan ketika saya meminta ia berpindah dan ikut  mendorong lemari plastik yang sudah tak ada isinya ternyta ia bisa menggerakkannya walau tak maksimal.

"waah Aisyah bisa ya nak, hebat.. yeayy"

Setidaknya ia merasakan perbedaan antara kedua barang tersebut.

Alhamdulillah
😁😁

#Tantamgan10hari
#PipitJayanti
#gameLevel6
#Hari8
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Rabu, 26 Juli 2017

Temukan matematika di sekitar #7

Mamang = sebutan om aisyah yang masih berusia 3,5 tahun.
Aisyah 1tahun 4bulan.

Hari ini mamang hampir full seharian main dirumah aisyah.

Setiap mereka berkeliaran bersama merupakan sebuah pembelajaran yang menurut saya penuh makna walau terkadang gereget dan cukup bikin sabar serta suka ketawa sendiri juga.

Terkait tema matematika in around kali ini kali ini tentang ukuran BANYAK-SEDIKIT

saat makan siang sudah saya siapkan, saya memberikan mereka (aisyah dan mamang) masing2 satu buah piring. Dan mereka lebih tertarik untuk mengambil nasi dan lauk sendiri. Dan saya membiarkan hal tersebut sambil berpesan "ambil nasi ya SEDIKIT 2 dulu aja yaa, nanti boleh nambah kalau kurang" dan mereka mengiyakan namun dengan porsi yang tetap banyak saat mengambilnya. 😂😂
Dan saat itu juga saya coba katakan lagi " itu nasibnya BANYAK banget, nyanyi emang habis?? Coba Kurangi lagi.. Nanti boleh nambah ya kalau ini sdh habis"

Dan mereka menuruti perkataan saya lalu si mamang bilang " nasi mamang udah dikurangin, sekarang jadi lebih SEDIKIT.

😀 setelahnya baru deh kita mulai makan.

Alhamdulillah
#Tantamgan10hari
#PipitJayanti
#hari7
#gameLevel6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Selasa, 25 Juli 2017

Temukan matematika di sekitar #6

Hari #6

Edisi masak bersama bunda...
Masih dengan Aisyah (1y)

Aisyah selalu heboh ketika bundanya asyik di dapur, ia gak akan membiarkan bundanya sendirian di dapur. Dan itu artinya ia akan ikut serta kegiatan di dapur.

kali ini ia lebih sering meminta untuk di gendong.

Kebayang kan memasak tangan satu dan satunya lagi sambil gendong anak. 😂😂

Pegel? Iya
Cape? Lumayan ya

Eh tapi karena teringat akan tantangan bunda sayang alhasil jadi berpikir smbil nunggu masakan mateng kota coba dengan mengaplikasikan matematika asik.

Misal: Setiap masakan baru saya serta memberikan pengertian seolah ia sudah paham dengan yang saya katakan "ini bunda tunggu beberapa menit dulu ya pancinya di tutup nanti baru bunda bisa buka lagi tutup pancinya. Yuk kita hitung sampai 10, habis 10 kita lompat bareng  yaa.. (1.2.3.4.5.6.7.8.9.10) Hop!!

Yeay dan ternyta itu efektif untuk bisa berkeliaran di dapur dengan menyenangkan.
Hihii
Alhamdulillah

#Tantamgan10hari
#PipitJayanti
#gameLevel6
#hari6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs




Senin, 24 Juli 2017

Temukan matematika di sekitar #5

Rolling Ball
Kali ini saya Niat kan membuat sebuah permainan untuk belajar matematika bersama anak berdasarkan bahan2yang ada dirumah.

Yup, beberapa hari lalu saat air gallon dirumah kami habis, suami sempat selalu memberikan air botolan sebagai gantinya.
Dan Itu membuat banyak sekali  botol 2 berserakan di setiap sisi rumah. 

Dengan bermodalkan aqua botol tersebut disaat anak tidur siang saya langsung terpikirkan "aha" metode yang akan gunakan untuk belajar matematika bersama Aisyah untuk hari ini atau mungkin bisa untuk berikutnya.

-Botol air
-lakban bening
-gunting
- bola plastik warna warni

Botol saya potong beberapa bagian dan di tempelkan ke dinding dengan formasi dibuat alur agar bola dapat melewati arus botol tersebut. Dan di sediakan wadah di bagian bawah ya. Hingga bola nantinya akan masuk ke wadah yang sudah di siapkan.

Dan Taraaa jadi Alhamdulillah

(fotonya blm bisa di upload karena memang jika posting dr hp gak bisa uploaded gambar) 😢

#Tantamgan10hari
#PipitJayanti
#gameLevel6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#hari5

Minggu, 23 Juli 2017

Temukan matematika di sekitar #4

Hati keempat

Hari ini full seharian kami sekeluarga mainly rumah datuk (sebutan kakek aisyah)

Bonus banget untuk bunda rasanya kalau berkunjung kesana Hihii.. Karena banyak yang mau nemenin aisyah mulai dari mbah, om, tante, dll 😊

Jd interaksi saya hari ini memang tidak sebanyak Hati2 biasanya..

Masih dengan tema "Math Around Us" Saya khawatir terlewat dengan agenda Aisyah akhirnya saya memanfaatkan untuk belajar matematik ini saat sedang berkumpul dengan om2 nya. Karena kebetulan dirumah datuk ini banyak sekali om om cilik ya aisyah.

#ADA BANYAK OM
Saat aisyah sedang di keliling om2 nya dsana. Saya dengan tidak berfikir panjang langsung menyebut om"nya satu persatu.
"eh ini om Aisyah banyak sekali tak nak, satu.. Dua... Tigaa... Empat... Lima...
Satu om utoo
DUA  om enjii
Tiga Om kiki
Empat Om imbang
Lima Om rizquu

Om nya Aisyah ada LIMA ya nak.
Seneng  yaaa om"nya ada bnyak nih dsini..
Horeeee
" sambil tepuk tangan"

# JUMLAH BISKUIT
siang menjelang sore datanglah oppo (sebutan salah satu bulenya Aisyah) dan untuk membujuk aisyah untuk mau di gendong biasanya aisyah di ajak atau di tawarkan sesuatu. Dan kali ini Aisyah di tawarkan BISKUIT REGAL.

Dan ternyta gak berlangsung lama. Alhasil kembalikan Aisyah kepangkuan saya.

Sambil memegang biskuit tersebut. Saya bercerita : "aisyah punya biskuit DUA ya?
(ia menganggur seolah paham)
Bunda mau boleh? (ia menganggur lagi). Bunda satu boleh yaa? Bujuk saya dan ia tetap mengangguk. Ini ada DUA. Satu untuk Aisyah, Satunya lagi untuk bunda yaa..  (dan ia tetap mengangguk)
Hihiii

Alhamdulillah
Tambah shalihah ya nak,
Muah muah

#Tantamgan10hari
#PipitJayanti
#Hari4
#gameLevel6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs


Jumat, 21 Juli 2017

Temukan matematika di sekitar #3

Hari ketiga...
Muah muah muahh

Mulai aisyah bangun tidur, sarapan sebentar dan ditinggal ayahnya pergi. Jadilah kami hanya berduaan dirumah. (Eh ada kucing sii) 😄😄

Bosen makan, saya bersih2 rumah dan seperti biasa kesempatan beberapa rumah itu sangat berharga sekali ketika aisyah sedang asyik bermain di halaman rumah dengan beberapa anak lainnya.

Langsung deh bundanya sesegera mungkin untuk minimal bisa menyeseleikan sapu pel lantai. (walau teteuuup ternyta piring blm bsa untuk di sentuh) karena ternyta ia nangis terdorong temannya yg sdg main ayun2 😂😂

Saya menghampiri untuk menenangkannya dan Tetiba inget "Yukk bermatematika riaa"
horaaiii

#kucing
Kita mulai dr kucing yang sedang berkeliaran:

"Wah kucing aisyah ada dua tuh nak, eh yg satunya pergi lagi jd tinggal satu deh.. "
Gpp yaa nnti kucing ya balik lagi klo laper..

========
# memetik sambil berhitung

Di saat sudah waktunya tidur siang, ia tak juga kunjung ngantuk, Bunda yang sudah mulai laper namun blm bsa mengerjakan apapun jd mulai bingung jg. Ehh dy malah minta di gendong..
Whattt???

Klo di gendong kemana yaa, di luar panas bgt Dann bunda pengen masak udah laper nak. 😢😢😢

Aisyah merengek dan Tetiba terlintas untuk menempel mainan ke stereofoam yg ada di tembok dg double tip dan meminta ia untuk mengambilnya..

(langsung eksekusi dengan cepat)
Theennn dy senang sampai beberapa kali
Dimulai dr hnya memetik, lalu sambil saya sebutkan angka dan nama buahnya..
Setiap ia dapat memetik buah/bola/sayur yang menempel lngsung saya iringi dengan "saat, dduuuua,, dst"

sampai akhirnya ia capek dan meminta bobox 😇😇😇

Dan bunda pun bisa mulai mengeksekusi dapur 😁😁

Makasi yaa sayang
Muah muah

#Tantangan10hari
#hari3
#PipitJayanti
#gameLevel6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#mathAroundUs

Temukan matematika di sekitar #2

Alhamdulillah sampai pada hari kedua dimana hampir terletak untuk posting ini 😁😁

Belajar matematika dr sekitar, saaangat menyenangkan dan tidak buat susah baik untuk yg di ajarkan maupun untuk yang mengajarkan.

Sore tadi kami mengecek rumah kontrakan yang bulan depan akan mulai kami tempati, aku dan Aisyah berdiri di depan rumah tersebut, karena menjelang sore maka mulailah banyak lampu yang di nyalakan. Sambil menunggu ayah pulang saya mengajaknya menghitung beberapa benda yang ada di sekitar. Misal "lampu"

Ini "laaampu" sebut saya ke aisyah
Dan iya pun mengulanginya "mmpu"

Iya lampu nyala ya nak, ada "satu" (sambil menunujuk ke arah lampu yang di tiang rumah, "dua" (kembali menunujuk lampu yang di pohon) jadi ada 2 lampu yang menyala nak.
Ada berapa?? "tanya saya kembali"

Dan ternyta ia sudah asyik dengan yang lainnya  hohoho 😂😂😂

Saya coba lagi ketika bertemu dengan kucing. Karena ia sangat senang sekali dengan kucing. Dan kebetulan kami dirumah ada 2 kucing Persia. Sambil saya ajak aisyah kasih makan kucing. Sambil saya menyebutkan jumlahnya.

Moe(nama salah satu kucing warna putih)
Cio (nama kucing yang warna coklat)

Wah kucing aisyah mau makan ya? (tanya ku)
"laperr" sahutnya dengan antusias sambil bawa makanan kucing

Iya kucing ya laper, kucing aisyah ada berapa yang lagi makan laper itu nak?

"Saaatu "
(sambil saya macungkan jari telunjuk saya di depannya) 

Ehh dateng lagi si Cio, kucing aisyah jadi dua aaa sekarang deh 😂😂😂

Dan sepertinya dy masih belum paham betul dengan ungkapan saya 😄

#Tantangan10hari
#namalengkap
#GameLevel6
#KuliahBunSayIIP
#IloveMath
#MathAroundUs
#hari2

Kamis, 20 Juli 2017

Temukan matematika di sekitar #1

Bismillahirrohmaanirrohiim

Alhamdulillah sampai ditantangan #6

Yeay..
Mendapatkan tantangan ini seperti mengacaubalau diri saya pribadi. Karena jujur saya sedari dulu termasuk yang selalu bernegatif ria dengan hal terkait hitung2 an ini..
Maafkan bunda ya nak,,,

Dan sepertinya jika saya tidak melawan diri saya sendiri akan sulit untuk mengajak aisyah agar bisa berdamai dengan matematika.

Namun setelah membaca materi dan tantangan serta cemilan 2 kali ini rasanya  itu semua tidak sesuai yang saya pikirkan.

Yuk kita belajar lagi nak.

Dan saya menyadari semenjak tantangan kali ini datang kalau matematika itu bukan sebuah hal yang harus di ajarkan dengan serius. Namun bisa di ajarkan ke anak berdasarkan alam ciptaan Allah ini.

Karena aisyah masih berusia 1tahun saya belum pernah mengenalkan secara utuh tentang "perangkaan".

Hari ini saya mulai sering menyebut angka dalam setiap hal yang kita lakukan.
Misal salah satu kegiatan hari ini:

Ketika ia menduduki bagian perut saya dengan maksud mengajak bercanda saya mengajak ya bicara tentang anggota tubuh.

"Ini mata Aisyah, kalau ini mata bunda...
Mata aisyah ada dua, mata bunda juga ada dua" dsb..

Hihihi dari kegiatan ini rasanya mengajarkan matematika logis ke anak itu mudah ya.
Alhamdulillah

Besok apa lagi yaa nak???

😇😇😇😇😇

#Tantangan10hari

#Hari1
#PipitJayanti
#GameLevel6 
#KuliahBunSayIIP 
#IloveMath 
#MathAroundUs

Sabtu, 15 Juli 2017

Aliran rasa Game Melatih Anak suka Membaca

Alhamdulillah ternyata bisa mencapai target untuk bisa menyelesaikan tantangan kali ini. Kembali melihat pohon literasinya malah jadi senyum2 sekarang. Bukan hanya karena hanya berhasil menyelesaikan tantangan tp alhamdulillah sdh jadi habbit untuk lebih membiasakan Aisyah untuk membaca. Semoga bisa tetap istiqomah.

Walau sempat pesimis di awal karena memang aisyah blm punya Buku 2 bacaan yang "begitu" misal halo balita, dan lain2nya.
Alhasil karena melihat memang harga yang lumayan kalau langsung membeli buku2 bagus itu secara langsung jadi saya mencoba untuk mencicil untuk membelinya. Mulai dari 3 buku setiap 2bulan sekali. Serta kemarin memanfaatkan buku yang ada dirumah. Mulai dari majalah anak, buku bacaan tipis, dll..

Semoga nanti bisa kesempaian untuk memiliki semua buku2 itu ya nak. Karena sejujurmya sedari sebelum nikah saya sendiri sudah menginginkan untuk kelak punya buku2 bacaan yang bagus untuk anak. (semoga lekas Allah kabulkan)

Oiya Alhamdulillah besok akan datang lagi buku bacaan Aisyah dengan judul "Aisyah, Khadijah dan Nabi Muhammad" semoga kita bersama terus belajar ya nak shalihah.

#AliranRasa

Kamis, 06 Juli 2017

kuserahkan Semuanya padaMu...

gambaran BIODATA TA'ARUF

Dear Allah,,,,
berikan seseorang yang menurutmu baik untukku


Nama Lengkap                   : pipit jayanti
Nama Panggilan                 : pipit
Tempat & Tanggal Lahir       : bekasi 6 desember 1992
Tinggi Badan                     : 155
Berat Badan                      : 55
Agama                             : islam
Suku                                : betawi
Status                              : guru
Nama Ayah                        : H.Nakim
Nama Ibu                          : ipat Fatimah
Alamat Sekarang              :jl wibawa mukti
Telepon                            : 085716419792
Alamat Asal                    :pedurenan
Telepon                            :021 8228448
HP                                   :085716419792
Email                              : pipitelzahraa@gmail.com



RIWAYAT PENDIDIKAN

Nama Sekolah
Tahun
TK Tarbiyatul falah
1995
MI Tarbiyatul falah
1997-2004
Mts N Jati Asih
2005-2007
SMAIT YAPIDH
2007-2010


DIKLAT DAN TRAINING
Nama Kegiatan
Penyelenggara
Waktu
ESQ di sunda kelapa
KAPMI 
2009
pelatihan photoshop
jbsa unj
2010
pelatihan Media
fsiku fbs unj
2012
pelatihan supercamp
YC
2013













 PRESTASI
Nama Acara
Penyelenggara
Tahun
Keterangan
masuk rangking 2 besar
Mts N Jati Asih
2006
saat kelas VIII
ibadah award
IPDHA YAPIDH
2009
juara 1
IP tertinggi smt 2
jbsa unj
2011
3,85



 PENGALAMAN KEPANITIAAN
Nama Acara
Organisasi
Tahun
Jabatan
KPU FBS UJ
LLMJ BSA
2013
ketua
kunjungan ke DPR RI
LLMJ BSA
2013
ketua
FSIKU FBS 
2013
ketua media 



 PENGALAMAN ORGANISASI
Nama Organisasi
Masa Keanggotaan
Jabatan
osis Mts N Jati Asih
2015-2016
staff ekskul
IPDHA YAPIDH
2010-2011
staff ibadah
IPDHA YAPIDH
2011-2012
ketua div ibadah
BPM FBS
2011-2012
staff  kaderisasi
LLMJ BSA
2012-2013
ketua 
FSIKU FBS
2012-2013
staff div MCNR
FSIKU FBS
2013-2014
ketua div MCNR
LDK UNIV
2012-2013
staff QI


 PENGALAMAN KERJA
Nama Perusahaan
Jabatan
Tahun
TPQ babul jannah
guru TPA
2006
BNI berbagi
guru ngaji
2013
Bintang Privat
guru PAUD
2013-2014


 KEAHLIAN KHUSUS
Keahlian
dapat mengerjakan sesuatu degan cepat
design photoshop


Bismillahirrahmanirrahim...
Leb Lebih jauh tentang saya...


TENTANG SAYA

Makanan favorit
telur asin asli brebes

Minuman favorit
air putih dingin, jus mangga

3 Hal yang disuka

dipuji, diajak jalan2, dibelikan baju

3 Hal yang tidak disuka

dicuekin, membersihkan kamar mandi, dikasarin

5 Karakter (+)
pekerja keras, rajin, manut, bekerja cepat, suka coba sesuatu yg baru

5 Karakter (-)
kurang sabar, abisius, sensitf, mudah ngambek, tidak bisa memutuskan

Riwayat penyakit
TIFUS




KELUARGA SAYA

Ayah
orang yg tdk pernah kasar,  tdk pernah marah, kalem, mudah memaafkan,simple

Ibu
ambisius, pekerja keras mudah bergaul,

Kakak
penyayang , selalu megalah, sabar

Adik
mudah berbagi, supel,

VISI DAN MISI PERNIKAHAN SAYA

Visi
berdaya guna dimasyarakat

Misi
dapat mejadi keluarga yang selalu hobi untuk memperbaiki diri

KRITERIA CALON SUAMI/ISTRI

Kriteria non fisik
mudah bergaul, lembut bertutur kata, penyabar, humoris, pegayom, suka traveling, taat ibadah, perhatian, memegang komitmen dan tepat janji

Kriteria fisik
tinggi 165cm, badan sekel, berjanggut lebat, hitam manis

RENCANA SAYA PASCA PERNIKAHAN

Rumah tangga


Keturunan
min 5 anak

Pekerjaan
IRT PROFESIONAL

Tempat tinggal
tinggal di Cluster dg lingkugan MADANI

DATA TAMBAHAN (BILA ADA)

dari dulu selalu megidolakan yang humoris, dewasa, disukai anak2 plus yang sayang keluarga.
setelah menikah sangat berharap dapat bertambah ketaatan padaMu. insyaAllah siap untuk patuh. karena sangat sesitif semoga pasangan ini memiliki sifat pengertian dan terus berusaha untuk meberikan nasihat2 dengan cara yg tepat, sangat tdk suka di ancam atau di bentak2.


Sabtu, 17 Juni 2017

Menstimulasi Anak Suka Membaca #10

#Day10

Masuk di hari ke 10. Alhamdulillah Aisyah semakin bisa di ajak kompromi untuk dilibatkan pada banyak kegiatan.

Ocean nya yang semakin beragam dan tak lupa jg kata "bunda" yang keluar dari mulut mungilnya sudah jelas sekali.
😇😇😇😇

Hari ini Aisyah ikut bunda beres2 lemari buku. Dan ia mendapati beberapa buku yang banyak gambarnya yakni buku "Ressa" yang merupakan buku bergambar dengan warna kuning mencolok terdapat 10series dan masing2 dengan tema yang berbeda. Dan buku yang Aisyah ambil tadi ialah yang mengenai binatang.

Ia sibuk membolak balikan bukunya, dan berganti ke buku lainnya. Walau memang tidak fokus namun yang saya ingin terapkan ialah kedekatan dengan buku dan kesadarannya untuk terus berkeinginan membaca buku. Alhamdulillah sejauh ini selama tidak ada hal mainan yang lbh menarik menurutnya ia mau untuk fokus dengan buku.

Berikut foto judul bukunya :
(foto menyusul karena update masih dengan hp)

Jumat, 16 Juni 2017

Menstimulasi Anak Suka Membaca #9

#Day9

-Kampung Permata-
Saat awal tantangan ini dimulai sebenarnya sudah memesan secara online beberapa buku bacaan untuk Aisyah, namun entah kenapa pesanan itu di batalkan. Alhasil agar tantangan ini tetap berjalan Aisyah kembali kami latihan dengan buku bacaan dirumah yang ada.
Mulai dari buku bantal, buku kisah sahabat dan kini buku cerita dari bonus majalah. 😅

-Kampung Permata- merupakan judul buku yang kali ini menjadi sumber bahan bacaan Aisyah.
Di dalamnya terdapat Beberapa cerpen, sharing pengalaman, karya2 seperti puisi, pengetahuan dan lain sebagainya.

Dan saya mendapatkan bagian yang menurut saya bisa dibaca bersama sama dengan Aisyah. Saya pilihan bacaan yang dominan banyak gambar terutama yang ada gambar anak kecil berjilbab dan hewan2 yang memang sekiranya sering ia temui.

Anak kecil berjilbab itu selalu saya umpamakan dengan namanya. 😅
Jadi setiap kali menunujuk ke gambar tersebut. Saya memanggilnya dengan sebutan "aisyah".

Judul cerpen nya ialah kucingku. Karena memang kami dirumah memelihara 2 ekor kucing Persia. Jadi ia sedikit paham ketika di ajak berinteraksi mengenai kucing.

Misal saya mengatakan "coba sekarang Aisyah panggil kucing nya. (ia akan terdiam terlebh dahulu) namun jika saya ganti kalimatnya dengan" coba sekarang Aisyah panggil Moe nya" (moe=nama kucing dirumah) dan ia akan menggerakkan tangan dan memetikkan jari seakan memanggil kucing. 😅

Dan hal tersebut cukup ampuh untuk menarik ia kembali agar mau mendengarkan cerita selanjutnya.

Berikut gambar hasil dokumentasinya:
(gambar menyusul)

Kamis, 15 Juni 2017

Menstimulasi Anak Suka Membaca #8

#Day8

"terimakasih ya Allah" merupakan judul yang hari ini kami bahas.

Di dalam buku tersebut mengajarkan anak untuk bersyukur. Mulai dari bersyukur masih diberikan nikmat sehat, dsb.

Walau point yang dimaksud adalah mengajarkan anak untuk bersyukur, namun yang tadi sempat saya bacaan tidak #lek sama persis dengan isi bacaan dalam buku tersebut.
Bunda lebih menggunakan kalimat 2 yang lebih sederhana lagi dan yang mudah di aplikasikan oleh Aisyah.
Misal " terimakasih ya Allah, Aisyah masih bisa mamam" "terima kasih ya Allah, Aisyah masih diberikan kesehatan" dsb.

Dan kali ini ia yang lebih banyak berceloteh 😅
Saat bunda baru baca satu halaman, ia sdh ke halaman lainnya sambil tunjuk2 gambar yang ada.
Hehe

Mungkin niatnya mau gantian kali ini Aisyah yang bacaan bunda ya nak,😊😊

(dokumentasi menyusul)

Rabu, 14 Juni 2017

Menstimulasi Anak Suka Membaca #7

#Day7

setelah kemarin dalam sehari 2x renang dengan om cilik dirumah nenek, sekarang Aisyah sempat demam dari pagi dan diare . 

mohon doanya agar lekas pulih ya ^^

alhasil seharian ini ia cukup rewel dan hanya nenen nempel di bunda =.=

da baru agak mendingan ketika menjelang sore hari. demam berkurang dan sudah lumayan aktif kembali. walau diarenya masih terus-terusan. 

setelah Isya ia sudash terlihat letih namun belum juga bobo, saya iseng menanyakan kepadanya " Aisyah hari ini kita belum baca buku nih nak, buku Aisyah mana yak ?" (sambil saya sibuk mencari bukunya) 
begitu ketemu satu buku (buku Doa anak Muslim) ia langsung mengambilnya dari saya samnil menunjuk ke beberpa gambar. dan dari situ kami mulai baca buku walau dengan durais yang tidak lama. 

ketika ia menunjuk ke gambar perempuan berjilbab dan seorang lelaki saya mengatakan kepadanya " wah ini Aisyah sama ayah mau pergi bareng ya? mau kemana nak ?"
atau
" ini Aisyah atau bunda ya nak?" dan ia akan merespon kadang bilang bilang " Aisyah.. atau ndaa" dan saya akan mengulabi perkataannya " oo ini Aisyah ya... oo ini bunda ya.." dst

walau beberapa kali bukunya sempat ia lempar dan ia jatuhkan. namun sesekali ketika saya bertanya ia akan tetap meresponnya. 

"wah bukunya ko di jatuhin nak? nanti kalau mau baca buku lagi gimana ya? tolong ambilin bukunya boleh..." dan ia akan langsung mengambi bukunya kembali dan memberikannya ke saya dan kembali menunjuk2 gambar yang ada di dalam buku tersebut" 
hihiiii

ini judul buku yang tadi kami baca beserta gambar pohon yang semakin rimbun ^^

lekas sehat ya sayang


Selasa, 13 Juni 2017

Menstimulasi Anak Suka Membaca #6

#Day6

Bekal Aisyah hari ini ialah buku bantal dengan judul "maaf". 

Dengan figur Beruang, kelinci, kura2, dan  kudanil.

Baca buku kali ini sekaligus pengenalan Aisyah ke binatang2 yang baru seperti kudanil dan kelinci.
Membaca kali ini jg Aisyah cukup bersemangat namun sangat tidak bertahan lama.
 
Kenapa? 

Karena hr ini Aisyah Full main bersama Om cilik.
Alhamdulillah jg si Om kecil ini hobi baca buku. Jd stiap main sesekali pasti buka buku dan sedikit di baca. Dan Aisyah jd ikut jg. 

Alhamdulillah

Berikut foto judul bukunya:

Senin, 12 Juni 2017

Menstimulasi Anak Suka Membaca #5

Doa Anak Muslim

#Day5
Alhamdulillah sampai di hari ke 5 dan Allah memudahkan semuanya.

Terimakasih juga untuk Aisyah yang semakin hari seakan semakin paham dan semakin tertarik dengan buku.

Maafkan bunda yang selama ini kurang memperhatikan Aisyah terkait waktu untuk membaca buku bersama  karena seringnya bunda sibuk sendiri baca buku pribadi 

Siang tadi saya melihat buku bantal Aisyah dengan judul "DOA ANAK SHOLEH". gada niatan untuk akhirnya kita baca buku bersama siang tadi.

Karena bunda gak sengaja juga ketemu buku bantal ini pas lagi cari barang lain. Eh Aisyah malah tertarik dan seakan meminta bunda untuk membacakan buku itu ke Aisyah nak. Huhuhu terharu 
Aisyah sibuk manggil manggil bunda "nda nda..." (sambil jari mungilnya menunujuk ke arah buku dari halaman satu ke halaman seterusnya sambil di bolak balikan).

Akhirnya kita baca buku bersama ya. 
Alhamdulillah 

Tadi kami membaca beberapa bacaan doa. Diantaranya:
Doa ketika masuk rumah
Doa ketika mimpi baik
Doa ketika mimpi buruk

Berikut beberapa gambar yang sempat di dokumentasikan:





dan sekarang ia semakin fasih untuk bilang kata "ammen" di akhir berdoa ^^.

Follow by Email