Minggu, 31 Juli 2011

URGENSI MENTORING !!!



Mentoring adalah kegiatan pendidikan dan pembinaan agama Islam dalam bentuk pengajian kelompok kecil yang diselenggarakan rutin tiap pekan dan berkelanjutan. Tiap kelompok biasanya terdiri atas 3-10 orang, dengan dibimbing oleh seorang pembina.
Kegiatan ini bisa juga dijelaskan sebagai pembinaan agama melalui pendekatan kelompok sebaya. Pembina sebuah kelompok mentoring disebut mentor (dalam bahasa Inggris: penasehat), sedangkan peserta mentoring disebut mentee (yang di baca: mentii).
Mereka yang tergabung dalam mentoring ini memiliki semangat yang sama looh, yaitu “sampaikanlah walau satu ayat”. Di dalam mentoring disampaikan pemahaman dasar tentang islam. Diantaranya Murraqabatullah (mengenal Allah), mengenal Rosul, mengenal Al-Qur’an, mengenal Akhlak, dan mengenal dunia Islam. Dalam mentoring ini. di dalam mentoring terjadi transfer pengetahuan dengan cara pengajaran, diskusi maupun belajar bersama.
kenapa harus mentoring ?
Karena mentoring sebenarnya adalah proses untuk “akselerasi kedewasaan”. Kedewasaan ini, sangatlah luas, bisa jadi, kedewasaan dalam memahami Islam, kedewasaan dalam berilmu sesuai pilihan kompetensinya, kedewasaan dalam mensikapi masalah, kedewasaan dalam memilih keputusan, bahkan kedewasaan dalam bergaul- mengenal karakter manusia.
Kedewasaan, Kenapa ? Kenapa Bisa ? Dan Apakah Harus Dengan Mentoring ?
Ya. Mentoring adalah sebuah grup diskusi terfokus, yang didalamnya terdapat interaksi- relasi antar insan, ada aspek manusiawi, serta hubungan interpersonal. Bisa jadi seseorang menjadi dewasa, tanpa mentoring, karena aspek pembentuk kedewasaan memang banyak, bisa jadi dia anak sulung, sebatang kara, dididik orang tua, atau memang sudah dilepas sedari kecil. Mentoring adalah proses “percepatan kedewasaan”, karena dengan mentoring, maka kita akan memperbesar “kapasitas berkomunitas” kita, memahami bahwa ternyata, karakter manusia itu beragam, menangani konflik komunikasi, hingga mampu bekerjasama walaupun terdapat perbedaan prinsip di satu sisi.
Di lingkungan tempat tempat kita tinggal ternyata banyak banget kemaksiatan yang bisa membuat kita tergoda.. ditambah dengan jika kita salah memilih teman…
bisa hancur hidup kita…
Maka dari itu diperlukan proses tarbiyah baik dari terhadap sendiri (dzatiyah) dan orang lain. salah satunya dengan MENTORING, setidaknya kita bisa berkumpul dengan orang-orang yang mengingatkan kita untuk selalu melakukan amar ma’ruf nahi munkar terhadap diri sendiri dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow by Email