Rabu, 22 Februari 2012

piramid

apa hayoo??
ini salah satu materi yang disampaikan pada saat mata kuliah Media Pengajaran.. pada awal'a saya dan teman-teman sudah berusaha untuk bisa menjelaskan piramid ini, tapiii ... =.=
gini awalnya, pada pertemuan ke2, kami belum mulai presentasi tapi dosen pada mata kuliah ini bilang kalau kita akan ada kuis mengenai piramid ini ya sudah BELAJARLAH kita semuaa, hhe #anak teladan # :) sampai akhirnya pertanyaan-pertanyaanpun di lontarkannya hingga sampai ke saya, tapi ternyata piramid ini bukan bagian saya. hhahayy
di lemparlah pertanyaan mengenai piramid ini kepada 3 teman saya yang duduk di baris belakang. dengan sangat PD mereka semua maju dan menjelaskan NAMUN ternyta apa yang tadi kita pelajari salah semua.. ckckck hadoh hadoh ...
gpp ini kan masih dalam belajar,, jadi gpp klo masih ada salah-salah dikit.. ahha
ngeleeees
:D'

ASSURE Model (Systematic Planning for Media Use)

oleh Ahmad Basregy Abu Cephas pada 9 Agustus 2011 pukul 8:37
Teknologi dan media yang kita digunakan dalam pembelajaran akan menjadi efektif apabila ada “klik” atau pas antara karakteristik pembelajarnya (audiens) dengan metode, media, dan bahan yang digunakan. Untuk mewujudkan hal tersebut di atas perlu adanya perencanaan yang efektif. Perencanaan yang efektif harus dimulai dengan perencanaan sistematik. Salah satu model yang ditawarkan sebagai langkah-langkah dalam proses perencanaannya adalah model ASSURE. Dengan model ini diharapkan kita dapat memilih jenis media yang tepat dalam proses pembelajaran (walaupun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pada konteks yang lain, contoh : seminar, penyuluhan, dll).
Analyze Learners Menganalisa pembelajar adalah salah satu faktor yang wajib hukumnya untuk dilakukan sebelum kita melaksanakan sebuah pembelajaran. Ada 3 hal yang semestinya diperhatikan dalam menganalisa pembelajar :
1. Karakteristik Umum Yang termasuk dalam karakteristik umum adalah usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, kebudayaan, dan faktor sosial ekonomi. Karakteristik umum ini dapat digunakan untuk menuntun kita dalam memilih metode dan media untuk pembelajaran. Sebagai contoh, apabila pembelajar…
a. memiliki kemampuan membaca di bawah standar, maka akan lebih efektif jika media yang digunakan adalah bukan dalam format tercetak (nonprint media).
b. kurang tertarik terhadap materi yang disajikan, diatasi dengan menggunakan media yang memiliki tingkat stimuli yang tinggi, seperti : penggunaan video tape, permainan simulasi, dll.
c. baru pertama kali melihat atau mendapat konsep yang disampaikan, lebih baik menggunakan cara atau pengalaman langsung (realthing). Bila sebaliknya, menggunakan verbal atau visual saja sudah dianggap cukup.
d. heterogen, lebih aman bila menggunakan media yang dapat mengakomodir semua karakteristik pembelajar seperti menggunakan video tape.
2. Spesifikasi Kemampuan Awal Berhubungan dengan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki pembelajar sebelumnya. Informasi ini dapat kita temukan bila kita memberikan entry test/entry behavior kepada pembelajar sebelum kita melaksanakan pembelajaran. Hasil dari entry test ini dapat dijadikan acuan tentang hal-hal apa saja yang perlu dan tidak perlu lagi disampaikan kepada pembelajar.
3. Gaya Belajar Gaya belajar berasal atau timbul dari adanya kenyamanan yang kita rasakan (secara psikologis dan emosional) saat kita menerima dan berinteraksi dengan lingkungan belajar, karena itu muncul modalitas dalam belajar (audio, visual, dan kinestetik).
State Objectives Perumusan tujuan ini berkaitan dengan apa yang ingin dicapai. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perumusannya adalah :
1. Tetapkan ABCD A (audiens – instruksi yang kita ajukan harus fokus kepada apa yang harus dilakukan pembelajar bukan pada apa yang harus dilakukan pengajar), B (behavior – kata kerja yang mendeskripsikan kemampuan baru yang harus dimiliki pembelajar setelah melalui proses pembelajaran dan harus dapat diukur), C (conditions – kondisi pada saat performans sedang diukur), D (degree – kriteria yang menjadi dasar pengukuran tingkat keberhasilan pembelajar).
2. Mengklasifikasikan Tujuan Maksud dari mengklasifikasikan tujuan disini adalah untuk menentukan pembelajaran yang akan kita laksanakan lebih cenderung ke domain mana ? kognitif, afektif, psikomotor, atau interpersonal. 3. Perbedaan Individu Berkaitan dengan kemampuan individu dalam menuntaskan atau memahami sebuah materi yang diberikan. Individu yang tidak memiliki kesulitan belajar dengan yang memiliki kesulitan belajar pasti memiliki waktu ketuntasan terhadap materi yang berbeda. Untuk mengatasi hal tersebut, maka timbullah mastery learning (kecepatan dalam menuntaskan materi tergantung dengan kemampuan yang dimiliki tiap individu)
Select Methods, Media, and Material Yang perlu digarisbawahi dalam point ini adalah bahwa tidak ada satu metode yang lebih dari metode yang lain dan tidak ada satu metode yang dapat menyenangkan/menjawab kebutuhan pembelajar secara seimbang dan menyeluruh. Penggunaan media tidak harus diidentikkan dengan barang yang mahal. Yang jelas sebelum memilih media kita harus mempertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Jangan sampai media yang kita gunakan menjadi bumerang atau mempersulit kita dalam pentransferan pengetahuan kepada pembelajar. Materi/bahan yang kita gunakan dalam proses pembelajaran, bisa yang sudah siap pakai, hasil modifikasi kita, atau hasil desain baru. Bagaimanapun caranya kita mengumpulkan materi, pada intinya adalah materi tersebut harus sesuai dengan tujuan dan karakteristik si pembelajar. Utilize Media and Materials Sebelum kita memanfaatkan media dan bahan yang ada, alangkah bijaksananya jika kita melaksanakan “ritual” seperti : 1. mengecek bahan (masih layak pakai atau tidak) 2. mempersiapkan bahan 3. mempersiapkan lingkungan belajar 4. mempersiapkan pembelajar 5. menyediakan pengalaman belajar (terpusat pada pengajar atau pembelajar)
Require Learner Participation Dalam mengaktifkan pembelajar di dalam proses pembelajaran alangkah baiknya kalau ada sentuhan psikologisnya. Berikut adalah gambaran dari adanya sentuhan psikologis dalam proses pembelajaran : 1. behavioris, karena tanggapan/respon yang sesuai dari pengajar dapat menguatkan stimulus yang ditampakkan pembelajar. 2. kognitifis, karena informasi yang diterima pembelajar dapat memperkaya skema mentalnya. 3. konstruktivis, karena pengetahuan yang diterima pembelajar akan lebih berarti dan bertahan lama di kepala jika mereka mengalami langsung setiap aktivitas dalam proses pembelajaran. 4. sosial, karena feedback atau tanggapan yang diberikan pengajar atau teman dalam proses pembelajaran dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengoreksi segala informasi yang telah diterima dan juga sebagai support secara emosional.
Evaluate and Review
Evaluasi dan mereview adalah hal yang lazim dilakukan untuk melihat seberapa jauh media dan teknologi yang kita pilih/gunakan telah menghasilkan tujuan yang telah kita tetapkan sebelumnya. Dari hasil evaluasi akan timbul pertanyaan : apakah media dan teknologi yang kita pilih tetap bisa digunakan, dimodifikasi, ataupun tidak digunakan sama sekali.

sabar ya pakk ^^'

lagi-lagi ketika saya buka FB dan ada kiriman foto yang membahas pak SBY, hha ada-ada saja kalian semua teman, pada foto pertama pak SBY di samakan dengan girl band yang sedang semarak banget "cherybell" betul ga tuh tulisannya.. liat deh,
ini bebarapat tanggapan yang sy kutip:
# Halimah Guci :ada2 aja niih, kirain apaan?
Naisa Maulidia : ya ampuuun
Begin Tiza Quintary: Hahahhaa , *ngakak teguling-guling :D
Yusnia Althafunnisaa : itu baru bgus, pak presiden aj ikutn zaman nya nak muda... :)
itu foto pertama yang saya dapatkan, nih ada lagi fto yang kedua,, gak kalah bikin ngakak.. di gedein deh biat tambah jelas :D' liat deh:
nah loh gimana tuh,, hadooh rakyat zaman sekarang #geleng-geleng kepala..# dan kayaknya akan ada gambar-gambar selanjutnya deh.. ada apa dengan negara ini yaaa?

Jumat, 10 Februari 2012

intropeksi diri

astagfirullah al adziim
astagfirullah al adziim
astagfirullah al adziim
mungkin memang kata-kata ini yang pantas terlontarkan saat ini. Ya Allah jangan biarkan hamba terus terlena dalam dunia ini,.. rasa rindu akan suasana yang :
duduk sambil megang Al-Qur'an,
tidurpun tak lepas kan Al-Qur'an walau hanya ada d atas kepala :D hhe belum lagi ketika memang saat-saat UJIAN itu tiba
subhanallah diri ini merasa terjaga sekali
namun, bagaimana dengan sekarang???? rasa iri itu muncul ketika tersadar kalau hafalan ini semakin lama semakin meluntur
astagfirullah al adziim
Ya Allah jangan biarkan hamba termasuk orang-orang di luar golongan-MU, tunjukanlah hamba kepada orang-orang yang senantiasa ingat akan keagungan-MU amiin ^^'
*BISMILLAHIRROHMAANIRROHIIM*

Kamis, 09 Februari 2012

yang penting Happy

keinginan saya di liburan semester ini adalah PANTAI entah kenapa saya merasakan rindu yang sangat dalam dengan situasi pantai ini
waah gini-gini saya tipe orang yg romantis juga loh hhahayy, entahlah persepsi orang tidak bisa disamakan ..
mulai dari suara angin, desiran ombak, pasir pinggir pantai.. huah subhanallah, trimakasi ya teman-teman yang sudah mau mewujudkan keinginanku di liburan kali ini. seneng banget rasanya. yaa jujur aja belakangan ini lagi agak-agak suntuk. berbagai masalah datang, surpraise-surpraise kecil pun tak lupa tertinggal, pengalaman baru itu selalu ada, hingga bertemu dan berkenalan dengan orang barupun tetap terjaga.
trimakasi ya Allah.. engkau yang maha pengatur segalanya.
kebetulan kami pergi ber4. nih dia
awal sesampainya kita di sana ..
wah ini yang di jembatan si PETUALANG..hhe
nah klo yg ini d jembatan besar
oiyya ini waktu kesasar sambil merenung sambil mikirin jalan keluar, ckck
alhamdulillah ada yang memberikan tumpangan kepada kita semua.. :)
kita di antar sampai persisir di depan pantai
ada penawaran u naik parahu murah, yaa tancaplah kita .. serbuuuu
akhirnya sampai juga kita ketepinya.. :D'
setelah sholat,, jreeng
hampir sore saatnya pulang, sblm naik bus gratisan lagi qt mainke pantai bentar yu.
itulah perjalanan kami berEmpat ^^'
wajah-wajah yang penuh dengan kelelahan namun penuh kepuasan :D' Pipit jayantie, Annisa Putri Sari, Siti Nurlaila, n Naylis Sa'ada..
^0^terimakasih untuk semuanya^0^

Follow by Email