Rabu, 10 Oktober 2012

RESUME MADAH TERBIYAH



OLEH : PIPIT JAYANTI El ZAHRAA


DEFINISI MURABBI
Murabbi adalah orang yang melaksanakan proses tarbiyah, dengan focus kerjanya pada pembentukan pribadi muslim sholih yang memperhatikan aspek pemeliharaan, pengembangan, pengarahan, dan pemberdayaan.
UKHUWAH ISLAMIYAH
Hasan Al-Banna : ketertarikan jiwa antara satu dengan yang lain disertai dengan ikatan aqidah.
Proses terbentuknya:
-          Ta’aruf : dimulai dari jasadiyah, berdasarkan fikriyah (pandangan , dialog)
-          Ta’aluf terhadap suatu masalah, nafsiyah (memahami masalah, karakter)
-          Tafahum : ta’aruf dapt di program, tafahum seiring berjalannya waktu
-          Ta’awun dapat di lakukan dengan hati (saling mendo’akan), fikiran (diskusi / menasehati), amal (bantu-membantu)
-          Takaful (saling menanggung) I’tsar (tingkat tertinggi)
-          Tanasut (loyalitas yang super)
Buahnya :
-          Mendapatkan manisnya iman
-          Masuk dalam 7 golongan yang dilindungi
-          Mendapatkan tempat khusus di syurga
Hal-hal yang dapat menguatkan:
-          Mohon di doa’akan saat berpisah
-          Senyum ketika berjumpa
-          Berjabat tangan (jika muhrim)
-          Ucapkan selamat pada suatu pencapaian
-          Berikan hadiah pada situasi tertentu
-          Berkunjung
-          Memenuhi hak dan kewajiban dalam ukhuah
AFATUL LISAN
Macam:
-          Berbicara yang tidak perlu
-          Berlebihan dalam bicara
-          Melibatkan diri dalam pembicaraan yang bathil
-          Berbantahan / berdebat
-          Pertengkaran
-          Menekan ucapan
-          Berkata keji, jorok, caci maki
SYAHADATAIN
·         Ahammiyatu Syahadatain (Pentingnya Dua Kalimat Syahadat)
Urgensi Syahadatain (QS. 4:41 , 2:143 )
a.       Pintu masuk ke dalam Islam (QS. 7:172 ,  47:19 ). Ini bagi yang kafir yang mau masuk islam. Setelah ia mengucapkan syahadat, maka ia muslim, apapun niatnya seperti dalam cerita Usamah Bin Zaid. 
b.       Intisari ajaran Islam (QS. 21:25 , 45:18 ). Yakni ikhlas kepada Allah dan mengikuti ajaran Rosul SAW
·         Madludlu Syahadatain ( Kandungan Kalimat Syahadat )
a.       Kandungan kata "Syahadah"
·         Iqrar (pengakuan/penyataan) (QS. 3:18 , 81 )
·         Sumpah (QS. 63:2 , 24:6 , 8 ), sumpah memberikan bobot kebenaran terhadap apa yang dinyatakan secara tidak main-main.
·         Perjanjian (QS. 3:18 , 5:7 , 2:26 -27 )
b.        Istiqamah (QS. 41:30 ). Mukmin yang selalu menjaga hati, lisan, dan anggota badannyadengan yang dituntut oleh Allah dan Rosulnya, mk ia berda dalam kondisi istiqomah. Istiqomah tidak bias dating tiba-tiba tapi melalui proses. “ sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: tuhan kami adalah Allah, kemudian mereka meneguhnya pendirian mereka”(41:30 )
·         Berani(QS. 41:30 , 5:52 )
·         Tenang (QS. 41:30 , 13:28 )
·         Optimis (QS. 41:30 , 24:55 )
c.        Bahagia (QS. 3:185 )
MA’RIFATUL QUR’AN
Dari segi bahasa, Al-Qur'an berasal dari qara'a, yang berarti menghimpun dan menyatukan. Sedangkan Qira'ah berarti menghimpun huruf-huruf dan kata-kata yang satu dengan yang lainnya dengan susunan yang rapih. (Al-Qattan, 1995 : 20).
Adapun dari segi istilahnya, Al-Qur'an adalah: Al-Qur'an adalah Kalamullah yang merupakan mu'jizat yang ditunukan kepada nabi Muhammad SAW, yang disampaikan kepada kita secara mutawatir dan dijadikan membacanya sebagai ibadah.
Keutamaan Al-Qur’an
1.      Al-Qur’an adalah mukjizat yang abadi
2.      Bernilai ibadah bagi siapa yang membacanya
3.      Sebagai penawar (obat) penyakit hati
4.      Kitab yang dipelihara
5.      Kitab yang diturunkan untuk seluruh alam
BAHAYA GHIBAH
Islam adalah agama rahmat yang diturunkan kepada manusia secara sempurna. Kesempurnaannya termasuk dalam perlindungan terhadap harkat martabat dan kehormatan bagi pemeluknya. Hal ini seperti yang disebutkan dalam hadist berikut ini : كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِم حَرَامٌ دَمُهُ وَ عِرْضُهُ وَ مَالُهُ 
“Setiap muslim terhadap muslim lainnya diharamakan darahnya, kehormatannya, dan juga hartanya.” (H.R Muslim no. 2564) 
Ghibah dilarang karena bisa merusak hubungan sesama umat manusia dan ukhuwah islamiyah secara khususnya. Inilah bahaya terbesar yang ditimbulkan oleh ghibah. Jika sudah terjadi perpecahan antara umat islam, maka umat islam akan menjadi umat yang lemah dan mudah dipecah belah. Maka tinggal menuju kehancurannya saja umat islam yang sudah terpecah belah.
HIZBUSY SYAITAN (Partai Syaitan)
-        Jenis pertama itu, induk dan pokoknya Al Jin. Al jin itu berasal dari kata janah artinya gelap. Pohon-pohon yang lebat sampai gelap bawahnya disebut janah. Yang di dalam kandungan, di dalam plasenta ibu, di dalam gelapnya disebut janin. Orang yang akalnya tidak bekerja dengan baik karena tertutup disebut majlun, tergelapkan.
-        Kemudian nama jenis makhluk yang lain disebut iblis, golongan jin. Iblis asalnya adalah bangsa jin dan akhirnya fasik, menentang perintah tuhannya. Material dasarnya api, karakter iblis kafir dan sering dikatakan sebagai bapaknya syeitan.
-        Nama jenis syetan. Golongannya sama dengan iblis dan jin, tapi dalam terminologi AlQur’an dan saat Allah mengatakan syayaathiini insi wal jinni, syetan yang berasal dari manusia dan jin. Setiap nabi itu digoda, diganggu, dan dihalangi oleh syetan. Dan kata syetan memang pengganggu, pembuat was was, berbentuk jin dan manusia.
KIAT-KIAT KHUSYU DALAM SHOLAT
-  Menghadirkan hati dari awal-akhir
-  Berusaha memahami dan menghayati
-  Selalu mengingat Allah
-  Merasakan keagungan Allah
-  Mengerti Arti
-  Gabungkan rasa harap dan takut
-  Merasakan malu
MENJADI DA’IYAH BERKEPRIBADIAN MAGNETIS
-  Amanah
-  Siddiq
Tingkatan: lisan, semangat yang kuat, niat
-  Ikhlas
Cirri-ciri ikhlas:
-          Tidak malas jika sendiri
-          Tidak bersemngat di saat ramai
-          Amalnya tidak bertambah jika dipuji
-          Amalnya tidak berkurang jika dipuji


Minggu, 07 Oktober 2012

Jay dan IPOD Apple Hijaunya

Pipit Jayanti ?

Pit ?

Pipit ? 

Jay ?

Jayanti ?

Pije ?

Jepi ? 

Pijay ?

Elza ? 

Piya ?


huaaaahh itu panggilan-panggilan yang telah lama saya dengar... 

mulai dari yang nama asli Pipit sampe yang gak nyambung ViYa pun sudah biasa saya dengar, gak apalah itu ungkapan sayang dari mereka.. 

:)' 

senyumpun merekah sambil ingat kejadian-kejadian lucu saat mereka melontarkan nama-nama itu.. 

ahaaha 


Sekarang dari nama-nama diatas yang paling jarang saya dengar adalah PIYA (PIpit jaYAnti).  

Dan  berhubungan dengan kegiatan baru yang saya geluti akhir-akhir ini di sebuah organisasi kepemudaan yang Luar Biasa hebbatnya saya menjadi tidak asing lagi dengan sebutan "JAY" . walau awalnya agak risih dan aneh di telinga, namun lama kelamaan telinga saya menjadi sangat  akrab dengan sebutan itu.. 

ahahaa 

jay jay 


yup jay dan ipod Apple hijaunya


saya selalu membawanya kemana-mana didalamnya hanya ada murottal-murottal Al-Qur'an dan  ada beberapa lagu-lagu motivasi  juga.. yaa ini salah satu usaha saya untuk bisa selalu dekat dengan ayat Al-Qur'an ... walau Syetan selalu menggandrungi..  __-


"Allah Selalu Menjagaku"

kalimat ini yang ada di depan motor saya..

jujur ya saya pulang kuliah suka maleem terus kadang juga habis subuh udah CAW lagi tapi semenjak saya selalu mendengarkan murottal - murottal ini saya tidak pernah takut ketika sedang di jalan sendiri dan rasa kantuk saat berkkendarapun berkurang.. 


WAdduH jadi kaya iklan TONG FANG aje!! 

pokoke T.O.P dah.. 

boleh juga di coba untuk yang ingin mengurangi kadar kemaksiatan. 

waw MAKSIAT?? 

Husst tunggu dulu!!

Maksiat itu gak cuma mencuri atau berbuat zina aja yah tapi bisa juga tuh kita melakukan maksiat melalui mata, kaki, tangan, telinga dan yang lainnya tanpa kita sadari.. nah dengan kita selalu mengingat Allah insyaAllah tuh yang namanya maksiat-maksiat itu dapat berkurang.. 

yaa gak ada salahnya juga kan di coba, kita kan hanya berusaha .. 

hhe 

ok ok 

selamat mencobaa !!  

 

RAMADHAN YANG HEBAT


Tiada kata seindah ukhuwah
Dalam sebuah jalinan persaudaraan islam
Jalinan abadi disisi tuhan
Berawal dari sebuah perkenalan
Semai tumbuh mekar berbatang serta berdahan
Berhiaskan ranting dan rimbun dedaunan
Berbuahkan cinta suci karena tuhan
Damai kalbu sejuk terasa indah dipandang



sebenarnya emang agak telat si catatan ini, namun sayang sekali rasanya kalo tidak di tulis dan di posting..
inget salah satu perkataan dosen dari jurusan bahasa indonesia di kampus. beliau bilang : 

"jika ingin umurmu menyamai dunia maka tulislah setiap kejadian-kejadian yang berharga menurutmu. karena sejatinya tulisan itulah yang akan menggantikanmu kelak "

IT’S SO AMAZING FOR ME, do you know ??
Alhamdulillah di tahun ini saya diperkenankan oleh Allah SWT untuk bisa merasakan I’Tikaf. Jujur ini I’tikaf pertama buat saya dan entahlah apa mungkin juga ini I’tikaf terakhir.. Wallahu a’lam semua’a sudah di atur oleh Allah..
aaaahh awal’a bingung mau I’tikaf dimana?
Dengan siapa?
Perlengkapan yang harus dibawa apa?
Nanti sahur dan bukanya gimana?
Belum lagi untuk bersih-bersihnya?
Waaaah pokoknya banyak sekali deh alasan-alasan yang dibuat oleh Setan untuk melunturkan niat dari seorang hamba yang lemah banget ini imannya..
Oo My God…!!!!

Namun Allah lagi lagi memberikan jalan keluar untuk saya.
Alhamdulillah beberapa hari menjelang 10 hari terakhir di bulan Ramadhan saya disempatkan untuk berkumpul dengan orang-orang  Sholehah (insyaAllah) J dalam kegiatan mentoring atau biasa saya sebut dengan SHARE-SHARE..
ahaha :D
Yup dalam kegiatan itu kami menyinggung masalah I’tikaf dan saya bertanya tentang masalah tersebut dan ternyata jawaban yang paling menguatkan saya adalah : 

“I’tikaf itu lebih baik sendiri kali dek! kita bisa lebih focus dalam beribadah kepada Allah, mulai dari Tilawah yang lebih khusyuk, begitu juga dengan sholat dan amalan-amalan lainnya karena sedikit sekali ada kesempatan untuk kita ngobrol... “

YESS teriak dalam hati sambil mulai berfikir hmm I’tikaf dimana yak?
Tuh kan Allah langsung memberikan jalan keluarnya lagi.
Dalam waktu sekejap tiba-tiba saya berfikir “hmm knpa gak I’tikaf di Labschool aje?”
AHA betul banget LABSCHOOoooooLLL I’m Coming go to there!!
Eh eh eh ngomongin labschool jadi ada sedikit yang mau diceritakan disini..
Camera Rolling Actionn : #jepret#

Pengalaman dan sensasi yang berbeda sangat terasa pada Ramadhan kali ini. Hmm apalagi pas diamanahkan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pesantren Kilatnya LABSCHOOL JAKARTA ..
Wwaaahhh

Dalam kegiatan itu banyak sekali hal-hal baru yang saya dapatkan. Yaaa jujur aja ya pada saat awal-awalnya agakk kurang nyaman, dah gitu yang ikut untuk jadi mentor lainnya kebanyakan angkatan 2007, 2008, 2009 daaan saya paling mudaa 2010…
yowes Alhamdulillah adaptasi pun berjalan lancar, dan saya merasakan hadirnya saudara-saudara baru yang mungkin kalo tidak karena kegiatan ini kami tidak kenal… :D

Disini seluruh pesertanya di wajibkan untuk hafal 99 asma’ul husna serta surat-surat lainnya yang ada dalam Al-Qur’an.. wahh saya aja belum hafal semuanya.. Alhamdulillah deh saya di tempatkan di tempat ini, jadi bisa ikutan ngafal juga doong..
Waah seneeeng!!!
RAMADHAN YANG HEBAT!! 

NO Many Mind !!


Alasan Alasan Alasan


Manusia hidup dengan berjuta bahkan beribu alasan dalam pemikirannya.
Seorang leader tidak akan pernah punya alasan dalam hidupnya!!

Kata-kata ini saya dapat ketika bergabung di salah satu organisasi kepemudaan di Jakarta, yang sebelumnya mungkin lebih sering kita dengar adalah kata – kata : 
“manusia memang memiliki banyak sekali alasan-alasan yang tidak akan habis di buatnya”.
mulai dari alasan yang paling simple sampe yang paling rumitpun ada. Ya itulah manusia selalu aja memberikan kesempatan untuk mendengarkan bisikan syetan.
Namun ternyata ITU SALAH KAWAN!!
Saya, kamu, kalian, serta kita  semua adalah seorang LEADER, percaya?
Sebenarnya  secara tidak langsung dari awal, kita diciptakan sebagai seorang pembunuh!
 Gimana tidak coba??
Jawaban sederhananya saja gini  yak : sadar gak kalian dari berjuta-juta sperma yang mempertahankan hidup untuk bisa menembus ke sel telur hingga menjadi embrio sampai  bisa menjadikan kita terlahir di dunia ini.  itu berarti kita telah membunuh berjuta-juta manusia lain yang seharusnya memiliki kesempatan untuk menikmati dunia . ya gaak??
hayoo
Berarti kalo gitu dari awalnya kita memang terlahir sebagai PEMENANG, bukan?
Sebagai SANG JUARA, bukan?
Serta sebagai pembunuh juga dong ya..
Hhe
Justru itu kita sebenarnya manusia terhebat loh dan julukan sebagai LEADER KEHIDUPAN pun seharus sudah kita pegang erat-erat dalam genggaman kita. Namun tidak semua orang menyadari hal itu hingga akhirnya banyak sekali yang menyerah dan merasa hidupnya tidak berguna hingga akhirnya tidak memiliki tujuan hidup yang sebenarnya..
Astagfirullah al adziim
yaaa semoga manusia bukan kita semua ya :D’

Nah sebagai LEADER KEHIDUPAN seharusnya tidak ada alasan untuk kita menjadi manusia yang tidak sukses. Ya mungkin keadaan kita tidak sama yah, namun perlu kita ECAMkan baik-baik, “Takdir Allah itu tidak pernah terungkap, maka dari itu kitalah yang sebenarnya menentukan takdir ini.  serta nasib kehidupanpun ada di tangan kita. Tinggal kemanakah kita akan membawa nasib ini”.

# Seorang LEADER KEHIDUPAN ketika mendapatkan tanggung jawab, ia akan melaksanakan tanggung jawab itu dengan maksimal.
# Seorang LEADER KEHIDUPAN ketika dimintai bantuan , ia akan segera membantunya tanpa banyak berfikir. (no many mind) REMEMBER SoB this Quote!
# Seorang LEADER KEHIDUPAN tidak pernah ada alas an untuk tidak melakukan hal-hal positif dalam  tindakannya
# Seorang LEADER KEHIDUPAN ia akan menganggap dunia ini miliknya sehingga tidak pernah merasa sulit dalam menghadapi setiap persoalan
# Seorang LEADER KEHIDUPAN pasti memiliki visi hidup yang besar
# Seorang LEADER KEHIDUPAN akan memiliki mental tembok
# Seorang LEADER KEHIDUPAN selalu Beliave (lebih dari sekedar percaya) dalam menggapai setiap tujuan, mimpi serta visi
# Seorang LEADER KEHIDUPAN tidak pernah sombong dalam hidupnya
# Seorang LEADER KEHIDUPAN hanya mendengarkan kata-kata positif dalam hidupnya
# Seorang LEADER KEHIDUPAN tidak pernah mengenal kata-kata negative
# Seorang LEADER KEHIDUPAN selalu focus dan full heart dalam melakukan setiap kegiatannya
# Seorang LEADER KEHIDUPAN akan sukses dunia akhirat
 amiiin

Dan yang terpenting harus kita ketahui adalah: 
yang menjadi Leader Kehidupan itu tidak hanya SAYA, KAMU, ataupun KALIAN semua...
melainkan 
"KITA"
Pipit jayanti El Zahraa@ Ruang Tamu 06 oktober 2012 pukul 21.40

Sabtu, 06 Oktober 2012

Bersyukur Nyook!!


Alhamdulillahirobbil‘alamiin,,,




Itu yang biasa kita ucapkan yak ketika mendapatkan sesuatu yang menyenangkan dalam rangka memuji Allah SWT tentunya.

Bersyukur merupakan hal yang gampang-gampang susah.. akh itu dulu! Nah sekarang bersyukur sudah menjadi hal yang mudah dan menyenangkan..gak percaya ?

Gini ya:

- -   Dengan bersyukur kita menjalani hidup lebih tenang dan nyaman
--  Dengan bersyukur jadi banyak senyum,, kan bisa awet muda tuh kata kebanyakan orang
-Dengan bersyukur, Allah akan semakin menambahkan kenikmatannya untuk kita
--  Dengan bersyukur dapat pahala looh
-Dengan bersyukur kita jadi selalu ingat Allah
-Dengan bersyukur rasa OPTIMIS akan semakin meningkat
-Dengan bersyukur menjadikan hidup lebih bermakna
-Dengan bersyukur, penyakit hati dapat berkurang dan hilang pula
-Dengan bersyukur keimanan kita semakin bertambah
-Dengan bersyukur kita dapat mengubah dunia
-Dengan bersyukur kita jadi gak pernah mengeluh
-Dengan bersyukur hidup kita jadi bahagia
-Dengan bersyukur, menjadikan hati lapang dalam setiap keadaan
Waah banyak deh pokoknya…
Sumpah deh gak ada negative-negatifnya ketika kita menjadi orang yang selalu bersyukur..
silahkan di coba!! :D’
ketika kita mendapat hal yang menyenangkan :
terima + senyum + bersyukur
ketika kita mendapat hal yang menyedihkan :
terima + istighfar + bersyukur
ada sedikit kisah nih,

ada seorang dokter yang berprofesi sebagai seorang motivator dan pengusaha. beberapa tahun lalu sebelum ia menjadi seorang motivator yang memiliki jam terbang yang banyak dia pernah tertipu oleh seseorang yang mengakibatkan uangnyayang kurang lebih berjumlah 2 miliyar lenyap begitu saja. DUA MILIYAR SOB..
wadduh saya belum pernah megang uang sebanyak itu sampai sekarang.. hhe 

nah yang hebatnya disaat ia kehilangan uangnya itu, yang ia lakukan bukan mengeluh ataupun panic sebagaimana layaknya yang kebanyakan orang, melainkan ia langsung beristighfar dan mengucap  “Alhamdulillah” serta berdo’a “ Ya allah jika memang kehendakmu hamba kehilangan uang 2 miliyar ini, maka hamba mohon jadikanlah ini sebagai langkah awal hamba untuk dapat berinfaq setiap bulannya berjumlah 1 miliyar”..

dahsyattt!!!

Subhanallah, luar biasaaa

Let's Give aplousesss

prok prok prok

Mari sama-sama kita jadikan hidup kita tidak biasa-biasa saja, tapi jadikanlah yang Luar Biasa..
Ingat karena taqdir kita tidak pernah terungkap, maka taqdir itu yang menentukan kita sendiri.. !!

Follow by Email