Rabu, 25 Desember 2013

PIDATO AGAMA

# Tarikh Adab Tiga

Karakteristik :

-          Rimgkas
-          Lafadz jelas
-          Sering dipadukan dengan puisi. Hikmah, amtsal


      Khutbah Abu Bakar Ash-Siddiq Ketika Diangkat Sebagai Khalifah :

Sesaat setelah Meninggalnya Rasulullah SAW, kaum muslimin memilih Abu Bakar RA. sebagai pemimpin mereka karena berbagai keutamaan yang ada padanya, ia adalah lelaki pertama yang beriman kepada Rasulullah, teman beliau didalam gua tsaur dan teman setia beliau ketika berhijrah ke Mekkah, Rasulullah juga pernah memerintahkannya untuk menjadi imam menggantikan beliau ketika beliau sakit.
      Ketika diangkat sebagai Khalifah beliau berkhutbah kepada sekalian kaum muslimin dengan terlebih dahulu memuji Allah dan berkata :

يا أيها الناس، إني قد وليت عليكم ولست بخيركم، فإن رأيتمني على حق فأعينوني , وإن رأيتموني على باطل فسددوني , أطيعوني ما أطعت الله فيكم , فإذا عصيته فلا طاعة لي عليكم , ألا إن أقواكم عندي الضعيف , حتى آخذ الحق له , و أضعفكم عندي القوي حت آخذ الحق منه.أقول 
قولي هذا، و أستغفر الله لي ولكم

“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya aku sekarang telah memimpin kalian, namun aku bukanlah yang terbaik diantara kalian, jika kalian melihatku berjalan diatas kebenaran maka bantulah aku, sedangkan jika kalian melihatku diatas kebatilan maka luruskanlah langkahku, taatilah aku selama aku mentaati Allah, dan apabila aku melakukan sebuah kemaksiatan maka kalian tidak boleh taat terhadapku akan hal itu, ketahuilah, Bahwasanya orang yang paling kuat diantara kalian dimataku adalah orang yang lemah hingga ia memperoleh haknya, sebaliknya orang yang terlemah dimataku adalah orang yang kalian anggap paling kuat hingga ia mengembalikan hak-hak orang lain. Demikianlah apa yang aku sampaikan kepada kalian seraya memohon ampun atas diriku dan kalian semua kepada Allah SWT.


Pidato Perang

# Tarikh Adab Satu

KARAKTERISTIK:

-          Bahasanya singkat dan jelas
-          Disampaikan dengan menggebu-gebu
-          Mengutip ayat al-qur’an

ﺧﻄﺒﺔ ﻁﺎﺭﻕ ﻗﺒﻞ ﻓﺘﻮ ﺡ ﺃﻷﻧﺪﻟﺲ

ﺃﻳﻬﺎ ﺍﻟﻨﺎﺱ! ﺃﻳﻦ ﺍﻟﻤﻔﺮ ﺍﻟﺒﺤﺮ ﻣﻦ ﻭﺭﺍﺋﻜﻢ، ﻭﺍﻟﻌﺪﻭ ﺃﻣﺎﻣﻜﻢ ، ﻭﻟﻴﺲ ﻟﻜﻢ ﻭﷲ ﺇﻷ ﺍﻟﺼﺪﻕ
ﻭﺍﻟﺼﺒﺮ۰
 “ wahai pasukan, kemana kalian akan lari? Lautan di belakang kalian dan musuh di depan kalian, tidak
ada pilihan kecuali jujur dan sabar”.

  ﻭﺍﻋﻠﻤﻮﺍ ﺃﻧﻜﻢ ﻫﻨﺎ ﺃﺿﻴﻊ ﻣﻦ ﺍﻷﻳﺘﺎﻡ ، ﻓﻲ ﻣﺄﺩﻭﺑﺔ ﺍﻟﻠﺌﺎﻡ ۰
dan ketahuilah, bahwa sesungguhnya kalian ada di pulau ini lebih sia-sia daripada anak yatim
yang terlantar"

ﻭﻗﺪ ﺃﺳﺘﻘﺒﻠﻜﻢ ﻋﺪﻭﻛﻢ ﺑﺠﻴﺸﻪ ﻭ ﺃﺳﻠﺤﺘﻪ ﻭ ﺃﻗﻮﺍﺗﻪ ﺍﻟﻤﻮﻓﻮﺭﺓ ، ﻭ ﺃﻧﺘﻢ ﻻﻭﺯﺭ ﻟﻜﻢ ﺃﻻ ﺳﻴﻮﻓﻜﻢ،
ﻭﻻ ﺃﻗﻮﺍﺕ ﺃﻻ ﻣﺎ ﺗﺴﺘﺨﻠﺼﻮﻧﻪ ﻣﻦ ﺃﻳﺪ ﻋﺪﻭﻛﻢ ۰
 “ musuh dengan jumlah pasukan yang besar, dan persenjataan yang lengkap serta persiapan bekal yang berlimpah telah siap menghadapi kalian, dan kalian hanyalah tinggal pedang kalian, dan tidak ada bekal kecuali yang kalian rampas dari musuh”.

ﺇﻭ ﻥ ﺍﻣﺘﺪﺕ ﺑﻜﻢ ﺍﻷﻳﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻓﺘﻘﺎﺭﻛﻢ ﻭﻟﻢ ﺗﻨﺠﺰﻭﺍ ﻟﻜﻢ ﺃﻣﺮﺍ ، ﺫﻫﺐ ﺭﻳﺤﻜﻢ، ﻭ ﺗﻌﻮﺿﺖ
ﺍﻟﻘﻠﻮﺏ ﻣﻦ ﺭﻋﺒﻬﺎ ﻣﻨﻜﻢ ﺍﻟﺠﺮﺃﺓ ﻋﻠﻴﻜﻢ۰
 “ jika hari berlalu seperti itu, dan kalian tidak menyelesaikan urusan ini ia berlalu membuat mereka senang dan berganti hati karena permainan kalian jadi berani pada kalian”

ﻓﺎﺭﻓﻌﻮﺍ ﻋﻦ ﺃﻧﻔﺴﻜﻢ ﺧﺬﻻﻥ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻌﺎﻗﺒﺔ ﻣﻦ ﺃﻣﺮﻛﻢ ، ﺑﻤﻨﺎﺟﺰﺓ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻄﺎﻏﻴﺔ ، ﻓﻘﺪ ﺃﻟﻘﺖ ﺑﻪ
ﺃﻟﻴﻜﻢ ﻣﺪﻳﻨﺘﻪ ﺍﻟﺤﺼﻴﻨﺔ۰
 “ sekarang kalian sudah berada dalam pulau yang kuat ini, maka lawanlah diri kalian karena hinanya akibat ini dengan menumpas pembangkang ini..(roderic)”.

ﺇﻭ ﻥ ﺍﻧﺘﻬﺎﺯ ﺍﻟﻔﺮﺻﺔ ﻓﻴﻪ ﻟﻤﻤﻜﻦ ﺇﻥ ﺳﻤﺤﺘﻢ ﻷﻧﻔﺴﻜﻢ ﺑﺎﻟﻤﻮﺕ۰
 “ dan sungguh dalam kesempatan sangat mungkin untuk hal itu jika kalian biarkan diri untuk
mati”.

ﺇﻭ ﻧﻰ ﻟﻢ ﺃﺣﺬﺭﻛﻢ ﺃﻣﺮﺍ ﺃﻧﺎ ﻋﻨﻪ ﺑﻨﺠﻮﺓ ، ﻭﻻ ﺣﻤﻠﺘﻜﻢ ﻋﻠﻰ ﺧﻄﺔ ﺃﺭﺧﺺ ﻣﺘﺎﻉ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﻨﻔﻮﺱ، ﺇﻻ ﺃﺑﺪﺃ ﺑﻨﻔﺴﻰ۰
dan saya tidak akan memperingatkan akan sesuatu yang membahayakan dan saya sendiri selamat darinya, dan juga tidak akan membawa kalian ke jalan dimana nyawa bernilai rendah dan akulah orang yang pertama memulainya”

ﻭﺍﻋﻠﻤﻮﺍ ﺃﻧﻜﻢ ﺇﻥ ﺻﺒﺮﺗﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺷﻖ ﻗﻠﻴﻼ، ﺇﺳﺘﻤﺘﻌﺘﻢ ﺑﺎﻷﺭﻓﻪ ﺍﻷﻟﺬ ﻁﻮﻳﻼ۰
 “ dan ketahuilah jika kalian sabar sedikit kalian akan merasakan banyak kelezatan”.

***

                Perang Badar terjadi pada 7 Ramadhan, dua tahun setelah hijrah. Ini adalah peperangan pertama yang mana kaum Muslim (Muslimin) mendapat kemenangan terhadap kaum Kafir dan merupakan peperangan yang sangat terkenal karena beberapa kejadian yang ajaib terjadi dalam peperangan tersebut. Rasulullah Shallalaahu 'alayhi wa sallam telah memberikan semangat kepada Muslimin untuk menghadang khafilah suku Quraish yang akan kembali ke Mekkah dari Syam. Muslimin keluar dengan 300 lebih tentara tidak ada niat untuk menghadapi khafilah dagang yang hanya terdiri dari 40 lelaki, tidak berniat untuk menyerang tetapi hanya untuk menunjuk kekuatan terhadap mereka. Khafilah dagang itu lolos, tetapi Abu Sufyan telah menghantar pesan kepada kaumnya suku Quraish untuk datang dan menyelamatkannya. Kaum Quraish maju dengan pasukan besar yang terdiri dari 1000 lelaki, 600 pakaian perang, 100 ekor kuda, dan 700 ekor unta, dan persediaan makanan mewah yang cukup untuk beberapa hari.

            Kafir Quraish ingin menjadikan peperangan ini sebagai kemenangan bagi mereka yang akan meletakkan rasa takut di dalam hati seluruh kaum bangsa Arab. Mereka hendak menghancurkan Muslimin dan mendapatkan keagungan dan kehebatan. Banyangkan, pasukan Muslimin dengan jumlah tentara yang kecil (termasuk 2 ekor kuda), keluar dengan niat mereka hanya untuk menghadang 40 lelaki yang tidak bersenjata akan tetapi harus menghadapi pasukan yang dipersiapkan dengan baik -3 kali- dari jumlah mereka. Rasulullah SAW dengan mudah meminta mereka Muslimin untuk perang dan mereka tidak akan menolak, akan tetapi, beliau SAW ingin menekankan kepada pengikutnya bahwa mereka harus mempertahankan keyakinan dan keimanan dan untuk menjadi pelajaran bagi kita. Beliau SAW mengumpulkan para sahabatnya untuk mengadakan musyawarah. Banyak di antara sahabat Muhajirin yang memberikan usulan, dengan menggunakan kata-kata yang baik untuk menerangkan dedikasi mereka. Tetapi ada seorang sahabat yaitu Miqdad bin Al-Aswad ra., dia berdiri dihadapan mereka yang masih merasa takut dan berkata kepada Rasulullah SAW,

"يا رسول الله، علينا أن نؤمن أن كنت تقول الحقيقة، لأننا قدمنا ​​ولاءنا السمع والطاعة لك ... لفي سبيل الله، والذي أرسل لك مع الحقيقة، إذا قمت بإدخال البحر، وسوف نذهب إلى معك وعدم وجود واحد منا سوف تترك وراءها ... نأمل أن الله تظهر لك أي من أعمالنا سيتم ارضاء لكم. بعد ذلك؟ الذهاب معنا، ونضع ثقتنا في رحمة الله ".

"Ya Rasulullah (SAW)!, Kami tidak akan mengatakan kepadamu seperti apa yang dikatakan oleh bani Israel kepada Musa (AS), 'Pergilah kamu bersama Tuhanmu, kami duduk (menunggu) di sini'( Dalam surah Al-Maidah). Pergilah bersama dengan keberkahan Allah dan kami akan bersama dengan mu !"




PIDATO POLITIK

# Tarikh Adab Dua

Karakteristik :

-          Kalimatnya menggebu-gebu
-          Bahasanya ringkas
-          Padat
-          Merdu
-          Maknanya luas

يا أصحابي ، ولقد تم تعيين والخليفة، ولكن أنا لا أفضل شخص بينكم. لذلك، إذا كنت تفعل جيدة، لذلك يساعدني، إذا كنت تفعل شيئا خاطئا، ثم أذكر لي
الصدق الأمانة و الكذب الخيانة
ضعاف النفوس بينكم هي قوية في جانبي حتى أعطيها الحق إن شاء الله، والقوي فيكم ضعيفة في حقها بجانبي حتى فأخذته إن شاء الله.

أنها ليست الناس التخلي عن الجهاد في الله، ولكن الله سيجعل لهم الاحتقار والإذلال، لا يتم نشر الأفعال القذرة في الناس، ولكن الله سيتم نشر الفوضى في وسطهم. وتحقيقا لهذه الغاية، طاعة لي طالما أنني طاعة الله ورسوله. إني لأعصي الله ورسوله، ثم ليست ملزمة يطيع. ثابتة في الصلاة، وليبارك الله لك ".

            Wahai para sahabat, aku telah diserahi tugas sebagai khalifah, padahal aku bukanlah orang terbaik di antara kalian. Karena itu, jika aku melakukan kebaikan, maka bantulah aku, jika aku berbuat salah, maka ingatkanlah aku.

Jujur itu amanah, sedang dusta itu khianat.

Orang lemah di antara kalian adalah orang kuat di sisiku hingga aku berikan haknya insya Allah, dan orang kuat di antara kalian adalah orang lemah di sisiku hingga aku mengambil haknya darinya insya Allah.

Tidaklah suatu kaum meninggalkan jihad di jalan Allah, melainkan Allah akan menjadikan mereka hina dan dihinakan, tidaklah perbuatan kotor menyebar di suatu kaum, melainkan Allah akan menyebarkan malapetaka di tengah-tengah mereka. Untuk itu, taatilah aku selama aku taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika aku melanggar perintah Allah dan Rasul-Nya, maka kalian tidak wajib mentaatiku. Dirikanlah shalat, semoga Allah merahmati kalian.”

Minggu, 22 Desember 2013

Tela'ah lirik lagu Al-Jazair

> Hasil Tela'ah <



"Janji setia anak bangsa utk negerinya Aljazair"

Kami bersumpah demi kilat yang menghancurkan,
Demi aliran darah yang suci bersih,
dan  bendera yang berkibar terang,
Berkibar megah di gunung nan tinggi,
Bahwa kami akan bangkit dalam keadaan hidup atau mati
dan kami berazam akan menjayakan Al-Jazair
Saksikanlah.. saksikanlah … saksikanlah….

Kami adalah laskar yang bangkit dijalan kebenaran  (memperjuangkan kebenaran)
Dan kepada kemerdekaan kami berjuang
meskipun Jika kami bertutur, tiada yang mendengar kami,
maka kami jadikan suara senapan sebagai irama kami
Dan bunyi mesingan sebagai melodi kami,
Kami berazzam akan menjayakan Aljazair
Saksikanlah.. saksikanlah … saksikanlah….


Wahai Perancis, zaman penghinaan telah berakhir,
Telah kami tamatkan sebagaimana tamatnya sebuah buku
Wahai Perancis, inilah hari pembalasan
Bersedialah untuk menerima jawaban dari kami!
Bahwa dalam revolusi kami, pupus segala kata-kata angin;
dan kami berazam bahwa Aljazair akan jaya
Saksikanlah.. saksikanlah … saksikanlah….


Dari para pahlawan kami akan kami bentuk tentara kami,
Dari atas kematian mereka akan kami bangun kegemilangan,
dan atas arwah kami akan kami daki kekelakan
Dan di atas bahu kami akan dikibarkan panji-panji.
Kepada barisan pembebasan negara kami bersumpah,
kami berazam bahwa Aljazair akan jaya
Saksikanlah.. saksikanlah … saksikanlah….


Teriakan tanah air dari medan perjuangan.
Dengarlah dan sambutlah panggilan!
Dan tulislah dengan darah para syuhada
Dan dibacakan kepada generasi depan.
Oh, kegemilangan, kami ulurkan tangan kami kepadamu,

kami berazam bahwa Aljazair akan jaya
Saksikanlah.. saksikanlah … saksikanlah….

Jadilah IBU cerdas "Calon Ibu"

Jika Anak Bertanya tentang ALLAH 
Utamanya pada masa emas 0-5 tahun,
anak-anak menjalani hidup mereka dengan sebuah potensi menakjubkan, yaitu rasa ingin tahu yang besar. Seiring dengan waktu, potensi ini terus berkembang (Mudah-mudahan potensi ini tidak berakhir ketika dewasa dan malah berubah menjadi pribadi-pribadi "tak mau tahu" alias ignoran, hehehe). 

Nah, momen paling krusial yang akan dihadapi para orang tua adalah ketika anak bertanya tentang ALLAH. Berhati-hatilah dalam memberikan jawaban atas pertanyaan maha penting ini. Salah sedikit saja, bisa berarti kita menanam benih kesyirikan dalam diri buah hati kita. Nauzubillahi min zalik, ya... 

Berikut ini saya ketengahkan beberapa pertanyaan yang biasa anak-anak tanyakan pada orang tuanya: Tanya 1: 
"Bu, Allah itu apa sih?"
Tanya 2:
"Bu, bentuk Allahitu seperti apa?" 
Tanya 3: 
"Bu, kenapa kita gak bisa lihat Allah? 
Tanya 4: 
"Bu, Allah itu ada di mana? 
Tanya 5: 
"Bu, kenapa kita harus nyembah Allah?" 

Tanya 1: "Bu, Allah itu apa sih? Jawablah : "Nak, Allah itu Yang Menciptakan segala-galanya. Langit, bumi, laut, sungai, batu, kucing, cicak, kodok, burung, semuanya, termasuk menciptakan nenek, kakek, ayah, ibu, juga kamu." (Ucapkan dengan menatap mata anak sambil tersenyum manis) 

Tanya 2: "Bu, bentuk Allah itu seperti apa?" Jangan jawab begini : "Bentuk Allah itu seperti anu ..ini..atau itu...." karena jawaban seperti itu pasti salah dan menyesatkan. Jawablah begini : "Adek tahu 'kan, bentuk sungai, batu, kucing, kambing,..semuanya.. nah, bentuk Allah itu tidak sama dengan apa pun yang pernah kamu lihat. Sebut saja bentuk apa pun, bentuk Allah itu tidak sama dengan apa yang akan kamu sebutkan." (Ucapkan dengan menatap mata anak sambil tersenyum manis)

فَاطِرُ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ‌ۚ جَعَلَ لَكُم مِّنۡ أَنفُسِكُمۡ أَزۡوَٲجً۬ا وَمِنَ ٱلۡأَنۡعَـٰمِ أَزۡوَٲجً۬ا‌ۖ يَذۡرَؤُكُمۡ فِيهِ‌ۚ لَيۡسَ كَمِثۡلِهِۦ شَىۡءٌ۬‌ۖ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ (١١

[Dia] Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan [pula], dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (Q.S. Asy-Syura:11) 

Tanya 3: "Bu, kenapa kita gak bisa lihat Allah? Jangan jawab begini : Karena Allah itu gaib, artinya barang atau sesuatu yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Jawaban bahwa Allah itu gaib (semata), jelas bertentangan dengan ayat berikut ini. Dialah Yang Awal dan Yang Akhir; Yang Zahir dan Yang Batin ; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. [Al-Hadid (57) : 3] 

Dikhawatirkan, imajinasi anak yang masih polos akan mempersamakan gaibnya Allah dengan hantu, jin, malaikat, bahkan peri dalam cerita dongeng. Bahwa dalam ilmu Tauhid dinyatakan bahwa Allah itu nyata senyata-nyatanya; lebih nyata daripada yang nyata, sudah tidak terbantahkan. Apalagi jika kita menggunakan diksi (pilihan kata) "barang" dan "sesuatu" yang ditujukan pada Allah. 

Bukankah sudah jelas dalil Surat Asy-Syura di atas bahwa Allah itu laysa kamitslihi syai'un; Allah itu bukan sesuatu; tidak sama dengan sesuatu; melainkan Pencipta segala sesuatu. Meskipun segala sesuatu berasal dari Zat-Sifat-Asma (Nama)-dan Af'al (Perbuatan) Allah, tetapi Diri Pribadi Allah itu tidak ber-Zat, tidak ber-Sifat, tidak ber-Asma, tidak ber-Af'al. Diri Pribadi Allah itu tidak ada yang tahu, bahkan Nabi Muhammad Saw. sekali pun. Hanya Allah yang tahu Diri Pribadi-Nya Sendiri dan tidak akan terungkap sampai akhir zaman di dunia dan di akhirat. 

[Muhammad melihat Jibril] ketika Sidratul Muntaha diliputi oleh sesuatu Yang Meliputinya. Penglihatannya [Muhammad] tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak [pula] melampaui-Nya. (Q.S. An-Najm: 16-17) {ini tafsir dari seorang arif billah, bukan dari saya pribadi. Allahua'lam} Jawablah begini : "Mengapa kita tidak bisa melihat Allah?" Bisa kita jawab dengan balik bertanya padanya (sambil melatih adik comel berpikir retoris ) "Adik bisakah nampak matahari yang terang itu langsung? Tidak 'kan..karena mata kita bisa jadi buta. Nah,melihat matahari aja kita tak sanggup. 

Jadi,Bagimana kita mau melihat Pencipta matahari itu. Iya 'kan?!" Atau bisa juga beri jawaban : Adek, lihat langit yang luas dan 'besar' itu 'kan? Yang kita lihat itu baru secuil dari bentuk langit yang sebenarnya. Adek gak bisa lihat ujung langit 'kan?! Nah, kita juga gak bisa melihat Allah karena Allah itu Pencipta langit yang besar dan luas tadi. Itulah maksud kata Allahu Akbar waktu kita salat. Allah Mahabesar. Bisa juga dengan simulasi sederhana seperti pernah saya ungkap di postingan "Melihat Tuhan". 

Silakan hadapkan bawah telapak tangan Adek ke arah wajah. Bisa terlihat garis-garis tangan Adek 'kan? Nah, kini dekatkan tangan sedekat-dekatnya ke mata Adek. Masih terlihat jelaskah jemari Sobat setelah itu? Kesimpulannya, kita tidak bisa melihat Allah karena Allah itu Mahabesar dan teramat dekat dengan kita. Meskipun demikian, tetapkan Allah itu ADA. "Dekat tidak bersekutu, jauh tidak ber-antara." 

Tanya 4: "Bu, Allah itu ada di mana ? Jangan jawab begini : "Nak, Allah itu ada di atas..di langit..atau di surga atau di Arsy." Jawaban seperti ini menyesatkan logika anak karena di luar angkasa tidak ada arah mata angin atas-bawah-kiri-kanan-depan-belakang. Lalu jika Allah ada di langit, apakah di bumi Allah tidak ada? Jika dikatakan di surga, berarti lebih besar surga daripada Allah...

berarti prinsip Allahu Akbar itu bohong? [baca juga Ukuran Allahu Akbar] Dia bersemayam di atas ’Arsy. <-- Ayat ini adalah ayat mutasyabihat, yaitu ayat yang wajib dibelokkan tafsirnya. Kalau dalam pelajaran bahasa Indonesia, kita mengenal makna denotatif dan konotatif, nah.. ayat mutasyabihat ini tergolong makna yang konotatif. Juga jangan jawab begini : "Nak, Allah itu ada di mana-mana." Dikhawatirkan anak akan otomatis berpikiran Allah itu banyak dan terbagi-bagi, seperti para freemason atau politeis Yunani Kuno. Jawablah begini : "Nak, Allah itu dekat dengan kita. Allah itu selalu ada di hati setiap orang yang saleh, termasuk di hati kamu, Sayang. 

Jadi, Allah selalu ada bersamamu di mana pun kamu berada." "Qalbun mukmin baitullah", 'Hati seorang mukmin itu istana Allah." (Hadis) Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. (Q.S. Al-Baqarah (2) : 186) Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada.(Q.S. Al-Hadiid: 4) Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. (Q.S. Al-Baqarah (2) : 115) Allah sering lho bicara sama kita.. 

misalnya, kalau kamu teringat untuk bantu Ibu dan Ayah, tidak berantem sama kakak, adek atau teman, tidak malas belajar, tidak susah disuruh makan,..nah, itulah bisikan Allah untukmu, Sayang." (Ucapkan dengan menatap mata anak sambil tersenyum manis) Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. (Q.S. Al-Baqarah: 213) 

Tanya 5: "Bu, kenapa kita harus nyembah Allah?" Jangan jawab begini : "Karena kalau kamu tidak menyembah Allah, kamu akan dimasukkan ke neraka. Kalau kamu menyembah Allah, kamu akan dimasukkan ke surga." Jawaban seperti ini akan membentuk paradigma (pola pikir) pamrih dalam beribadah kepada Allah bahkan menjadi benih syirik halus (khafi). Hal ini juga yang menyebabkan banyak orang menjadi ateis karena menurut akal mereka,"Masak sama Allah kayak dagang aja! 

Yang namanya Allah itu berarti butuh penyembahan! Allah kayak anak kecil aja, kalau diturutin maunya, surga; kalau gak diturutin, neraka!!" "Orang yang menyembah surga, ia mendambakan kenikmatannya, bukan mengharap Penciptanya. Orang yang menyembah neraka, ia takut kepada neraka, bukan takut kepada Penciptanya." (Syaikh Abdul Qadir al-Jailani) Jawablah begini : "Nak, kita menyembah Allah sebagai wujud bersyukur karena Allah telah memberikan banyak kebaikan dan kemudahan buat kita. 

Contohnya, Adek sekarang bisa bernapas menghirup udara bebas, gratis lagi.. kalau mesti bayar, 'kan Ayah sama Ibu gak akan bisa bayar. Di sungai banyak ikan yang bisa kita pancing untuk makan, atau untuk dijadikan ikan hias di akuarium. Semua untuk kesenangan kita. Kalau Adek gak nyembah Allah, Adek yang rugi, bukan Allah. 

Misalnya, kalau Adek gak nurut sama ibu-bapak guru di sekolah, Adek sendiri yang rugi, nilai Adek jadi jelek. Isi rapor jadi kebakaran semua. Ibu-bapak guru tetap saja guru, biar pun kamu dan teman-temanmu gak nurut sama ibu-bapak guru. (Ucapkan dengan menatap mata anak sambil tersenyum manis) Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya [tidak memerlukan sesuatu] dari semesta alam. (Q.S. Al-Ankabut: 6) Katakan juga pada anak: "Adek mulai sekarang harus belajar cinta sama Allah, lebih daripada cinta sama Ayah-Ibu, ya?! (Ucapkan dengan menatap mata anak sambil tersenyum manis) "Kenapa, Bu ?" "Karena suatu hari Ayah sama Ibu bisa meninggal dunia, sedangkan Allah tidak pernah mati. 

Nah, kalau suatu hari Ayah atau Ibu meninggal, kamu tidak boleh merasa kesepian karena Allah selalu ada untuk kamu. Nanti, Allah juga akan mendatangkan orang-orang baik yang sayang sama Adek seperti sayangnya Ayah sama Ibu. Misalnya, Paman, Bibi, atau para tetangga yang baik hati, juga teman-temanmu." Dan mulai sekarang rajin-rajin belajar Iqra supaya nanti bisa mengaji Quran. Mengaji Quran artinya kita berbicara sama Allah. (Ucapkan dengan menatap mata anak sambil tersenyum manis). 
Allahua'lam. 


islam itu dahsyat yah..
Aku bangga jadi Muslimah 


sumber asli : 
Jika Anak Bertanya tentang Tuhan | Muxlimo's Semoga kita semua diberi anak keturunan yang sholeh dan sholeha, senantiasa mengutamakan ALLAH, dan berbakti kepada orang tua. Aamiin 




Sabtu, 21 Desember 2013

22 Des beberapa tahun silam ^^

masih edisi  HARI IBU...


pernah bilang cinta sama ibu??
kasih hadiah untuknya??
kasih ciuman dan bilang "Terimakasih" ??

Astaghfirullah...
saya orang yang mungkin awalnya sangat sungkan untuk melakukan itu semua. =.=

paling simple menurut saya ketika mau mengungkapkan rasa terimakasih atau mau meminta maaf dari pada melaukukan itu semua labih baik saya diam ketika sedang dimarahi, atau sekedar senyum ketika ketika diperintahkan sesuatu atau membawakan makanan ketika sepulang dari kampus dan tentu sebelumnya SMS yang biasanya berisi "Mam udah makan? dirumah masak apa? kk beli ini ya..."

yup
hanya itu..
hanya itu..

#payah

teringat beberapa tahun lalu sempat terfikir dan terinspirasi dari sebuah Al-Qur'an..

AL-QUR'AN

ketika itu ada seminar diselasar MNI kampus A UNJ, okay sayapun ikut mengahadirinya dan ternyata tepat sekali pada momen hari ibu katika itu,,,

satu jam berlalu dan sesi tanya jawabpun dibuka, dan saya yang entah lagi kenapa pada saat itu tak sungkan untuk mengacungkan tangan untuk menyampaikan beberapa pertanyaan..

walhasil tanpa meminta hadiah, pembicara sudah menyiapkan hadiah untuk siapa saja yang bertanya salah satunya saya,,,
disana ada berbagai macam hadiah dan saya mendapatkan hadiah Al-Qur'an..
tHIs is :


Alhamdulillah,,, 


okey seminar selesei dan saya beranjak untuk segera pulang.. 
saya pulang melewati jalan "kalimalang"... eeh entah kenapa terfikir kayaknya seru untuk kasih sesuatu di HARI IBU ini.. hmm tapi apa ya?? 
jujur biasanya cuek dan entahlah  cukup sulit untuk diungkapkan. *.*

saya tetap mengendarai Elzaa (si revo yang selalu kece') dan berhenti di salah satu toko bunga. 
YUP 
tepat sekali 

BUNGA

 "saya akan memberikan Al-Qur'an hadiah ini beserta bunga"
kata-kata itu yang terbesit di otak saya

bungapun dipilih, dan okayy saya kembali mendapatkannya  :D
ini dia: 
Ahaa 



sampailah dirumah dan cukup bingung gimana cara kasih ini semua??
akhirnya terpaksa berbohong dengan bilang :

"Assalamualaikuuuuuuuum,,, 
mam ini tadi kk ikutan seminar, semua peserta dapat Al-Qur'an dan bunga.  katanya disuruh kasih ke ibunya masing-masing krn sekarang hari ibu" (tanpa memperhatikan respon apa yang akan diberikan dan terus ngeloyor menuju kamar)

sesampai di kamar :
"huft, tak apalah intinya tuh bunga udah dikasi ko,,, :) selamat hari ibu" bergumam dalam hati

ini cerita dulu...
sekarang udah gak gini lagi dong 
hhihi

love you mam
^.^





Edisi Hari IBU 2013


> Kisah Uwais Al Qarni Menggendong Ibunya Naik Haji <



Di Yaman, tinggalah seorang pemuda bernama Uwais Al Qarni yang berpenyakit sopak, tubuhnya belang-belang. Walaupun cacat, ia adalah pemuda yang soleh dan sangat berbakti kepadanya Ibunya. Ibunya adalah seorang wanita tua yang lumpuh. Uwais senantiasa merawat dan memenuhi semua permintaan Ibunya. Hanya satu permintaan yang sulit ia kabulkan.

"Anakku, mungkin Ibu tak akan lama lagi bersama dengan kamu, ikhtiarkan agar Ibu dapat mengerjakan haji," pinta Ibunya. Uwais tercenung, perjalanan ke Mekkah sangatlah jauh melewati padang pasir tandus yang panas. Orang-orang biasanya menggunakan unta dan membawa banyak perbekalan. Namun Uwais sangat miskin dan tak memiliki kendaraan.

Uwais terus berpikir mencari jalan keluar. Kemudian, dibelilah seeokar anak lembu, Kira-kira untuk apa anak lembu itu? Tidak mungkinkan pergi Haji naik lembu. Olala, ternyata Uwais membuatkan kandang di puncak bukit. Setiap pagi beliau bolak balik menggendong anak lembu itu naik turun bukit. "Uwais gila.. Uwais gila..." kata orang-orang. Yah, kelakuan Uwais memang sungguh aneh.

Tak pernah ada hari yang terlewatkan ia menggendong lembu naik turun bukit. Makin hari anak lembu itu makin besar, dan makin besar tenaga yang diperlukan Uwais. Tetapi karena latihan tiap hari, anak lembu yang membesar itu tak terasa lagi.

Setelah 8 bulan berlalu, sampailah musim Haji. Lembu Uwais telah mencapai 100 kg, begitu juga dengan otot Uwais yang makin membesar. Ia menjadi kuat mengangkat barang. Tahulah sekarang orang-orang apa maksud Uwais menggendong lembu setiap hari. Ternyata ia latihan untuk menggendong Ibunya.

Uwais menggendong ibunya berjalan kaki dari Yaman ke Mekkah! Subhanallah, alangkah besar cinta Uwais pada ibunya. Ia rela menempuh perjalanan jauh dan sulit, demi memenuhi keinginan ibunya.


Uwais berjalan tegap menggendong ibunya tawaf di Ka'bah. Ibunya terharu dan bercucuran air mata telah melihat Baitullah. Di hadapan Ka'bah, ibu dan anak itu berdoa. "Ya Allah, ampuni semua dosa ibu," kata Uwais. "Bagaimana dengan dosamu?" tanya ibunya heran. Uwais menjawab, "Dengan terampunnya dosa Ibu, maka Ibu akan masuk surga. Cukuplah ridho dari Ibu yang akan membawa aku ke surga."


Subhanallah, itulah keinganan Uwais yang tulus dan penuh cinta. Allah SWT pun memberikan karunianya, Uwais seketika itu juga disembuhkan dari penyakit sopaknya. Hanya tertinggal bulatan putih ditengkuknya. Tahukah kalian apa hikmah dari bulatan disisakan di tengkuk? itulah tanda untuk Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib, dua sahabat utama Rasulullah SAW untuk mengenali Uwais.

Beliau berdua sengaja mencari Uwais di sekitar Ka'bah karena Rasullah SAW berpesan "Di zaman kamu nanti akan lahir seorang manusia yang doanya sangat makbul. Kamu berdua pergilah cari dia. Dia akan datang dari arah Yaman, dia dibesarkan di Yaman. Dia akan muncul di zaman kamu, carilah dia. Kalau berjumpa dengan dia minta tolong dia berdoa untuk kamu berdua."
Subhanallaah.. Uwais org yg 
dirindui Rasul karena akhlaknya yg begitu mulia.

Sudahkah kita membahagaiakan ibu kita..

Mari terus belajar, beramal sholeh dan berusaha ikhlas.. Smg generasi qt menjadi generasi qurani dimulai dr para ibunya yg mencintai quran dan mengamalkannya..





Selamat hari ibu.. 

Kamis, 12 Desember 2013

" tetap istiqomah ya.. " pesannya





Aku ingin memulai cerita ini dari suatu malam..
Saat itu, setiap pengurus diwajibkan untuk merekrut 3 peserta untuk SUPERCAMP.
dan aku baru berhasil mendapatkan 2.

tiba-tiba ada sms yang masuk..
"Assalaamu'alaikum, ukh.. Boleh nanya? Ana dapat nomor anti dari teman, ana tertarik dengan YC, gimana bisa gabung ya?

Nah, pas banget..
"Ikut supercamp aja.. acaranya hari jumat. hari ini pendaftaran terakhir nih.. hanya 500rb kok.."

"Tapi, ana belum punya uang.."
"Carilah! masa ga punya temen yang bisa bantu?"

dan subhanallah, ia bisa mendapatkannya..
500rb hanya dalam waktu sehari!
dan sejak saat itu, kamu bergabung..

Masih ingatkah saat kita setiap pulang dari YC?
jam 2 atau 3 pagi..
jalan seperti milik kita berdua,, 
atau kenangan saat 10 malam terakhir kita masih berkeliling dari satu masjid ke masjid lain untuk sebar amplop donasi?
dan yang paling indah di masjid Az-Zikra sentul..
kita memandang hamparan bukit luas nan hijau..
"Di, bayangkan itu adalah milik kita nanti.. di tanah itu akan dibangun pusat inkubasi terbesar di Indonesia.. semoga Allah menjawab doa kita di Ramadhan ini"

Dan, lain cerita lagi dengan kamu,
ya kamu.. yang kini masih setia di sini..
pertama kali kita bertemu, saat kantor kita masih di tengah terminal kan?
pun, sebenarnya kita belum terlalu mengenal lebih dalam.
hingga Allah mempertemukan kita kembali.
di SUKABUMI.!!
ya, setelah itu kamu bergabung
pun awalnya dipaksa, tapi aku yakin kini kamu menikmatinya..
dan pastinya kamu punya lebih banyak cerita yang bisa dibagi sekarang..
cerita tentang dirimu yang akhirnya bisa melihat daerah2, jay!
cerita tentang dirimu yang menjadi trainer hebat..
tentang pengalaman nyasar hingga tengah malam..
tentang kebersamaan dengan sobat karibmu yang kini meminta agar "diterima kembali" 
hingga miladmu kemarin..
kita masih menikmati pizza bersama..
dan pastinya kue ulang tahun bersama..

dan yang terakhir,
untuk dirimu..
yang kini sedang istirahat di rumah..
sya, Allah sedang menggugurkan dosa2mu..
maka tersenyumlah.. 
maaf aku belum sempat menjengukmu dan menghiburmu..
aku salut dengan semangatmu di Ramadhan kemarin..
mengisi training di sana - sini..
Pasti seru kan bertemu dengan adik2 kecil 
semoga Allah lekas memberikanmu kesehatan..
Sehingga kita bisa berkumpul kembali,
dan tentunya makan pizza bareng.. 

dan sebenarnya, aku ingin terus berbagi cerita tentang kalian smua satu per satu...
tapi, di foto ini hanya ada 3 wanita hebat..
semoga masih ada hari-hari selanjutnya untuk kita bisa berbagi cerita bersama..

Aku mencintai kalian karena Allah.. 
tetap istiqomah ya..



https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10201216519198338&set=at.1689634363994.2078189.1331771217.100001007923511&type=1&theater

Kamis, 05 Desember 2013

lyric Algeria National Anthem


Kami bersumpah demi kilat yang menghancurkan,
Demi aliran darah yang membuih-buih,
Di pinggir bendera yang berkibar terang,
Berkibar megah di gunung nan tinggi,
Yang kami akan bangkit, baik hidup hidup atau mati,
Kami berteguh hati bahwa Aljazair akan hidup -
Jadilah saksi kami... jadilah saksi kami... jadilah saksi kami!

Kami adalah laskar yang memperjuangkan kebenaran
Dan kami telah berjuang demi kemerdekaan.
Jika kami bertutur, tiada yang mendengar kami,
Jadi kami telah mengambil bunyi senapan sebagai irama kami
Dan bunyi mesingan sebagai melodi kami,
Kami berteguh hati bahwa Aljazair akan hidup -
Jadilah saksi kami... jadilah saksi kami... jadilah saksi kami!

Wahai Perancis, zaman penghinaan telah berakhir,
Telah kami tamatkan sebagaimana tamatnya sebuah buku
Wahai Perancis, inilah hari pembalasan
Bersedialah untuk menerima jawaban dari kami!
Dalam revolusi kami, pupus segala kata-kata angin;
Kami berteguh hati bahwa Aljazair akan hidup -
Jadilah saksi kami... jadilah saksi kami... jadilah saksi kami!

Dari pahlawan kami akan kami bentuk tentara kami,
Dari mereka yang mati kami bangun kegemilangan,
Roh kami akan kekal
Dan di atas bahu kami akan dikibarkan panji-panji.
Kepada barisan pembebasan negara kami bersumpah,
Kami berteguh hati bahwa Aljazair akan hidup -
Jadilah saksi kami... jadilah saksi kami... jadilah saksi kami!

Teriakan tanah air dari medan perjuangan.
Dengarlah dan sambutlah panggilan!
Biarlah ia ditulis dengan darah pejuang
Dan dibacakan kepada generasi depan.
Oh, kegemilangan, kami ulurkan tangan kami kepadamu,
Kami berteguh hati bahwa Aljazair akan hidup -
Jadilah saksi kami... jadilah saksi kami... jadilah saksi kami!

by : internet (belum ditela'ah)

21 th

Subhanallah hari ternyata sudah berganti, tepat di jam 00.07
dan tenyata disaat mata yang masih tertuju pada sebuah tugas yang ditemani laman FB yang tetap terbuka seketika pun :
 Hp bergetar berkali-kali ...
 pemberitahuan di FB pun muncul berkali-kali

dan baru sadar ternyata sekarang tanggal 6 yah ??
tanggal 6 Desember...
oalahhh Alhamdulillah terimakasih ya Rabb ternyata hamba disampaikan pada umur yang ke - 21

luar biasanya lagi yang saya rasakan 2 tahun belakangan ini ternyata lebih banyak dari mereka yang berpengaruh dalam jalan hidup ini tidak lagi mengucapkan semua doa'a-do'anya di dunia maya melainkan lebih personal,,

entahlah apakah besok subuh saya masih bernafas? atau bahkan Allah tetap memberikan kesempatan untuk saya bisa menjadi orang yang lebih bermanfaat, sampai bisa menciptakan generasi yang bisa memperjuangkan Agama Islam ini di JalanNya...
Allahu Akbar

Maha Benar Allah Atas segala Rencana HebatNya..
hanya Percaya dan terus berusaha untuk berbuat baik :)

waktunya menge-cek :
- apa agenda2 yang tercapai selama setahun ini ??
- apa saja yang belum tercapai ??
- gebrakan atau inovasi apa yang akan dibuat untuk kedepannya ??
- mimpi-mimpi apalagi yang akan kau tuliskan??
- siapakah sajakah dari semua teman yang kamu kenal yang mereka mempengaruhi hidupmu??
- dll

Whhoahhmmm
sungguh banyak sejujurmya yang mau saya sharing di pergantian tanggal 5 menuju tanggal 6 ini, apalah daya mata tetap mata yang bisa mengantuk, jaripun bisa pegal, atau bahkan badan bisa tepar >.< maka keputusan yang paling baik untuk saat ini adalah "istirahat" dulu ..
:)

terimakasih kepada teman-teman yang sudah mendoa'akan dan tetap memberikan perhatiannya :)
selalu ada kejutan dari tahun ketahun yang diberikan kepada saya ...
terimakasih ya Allah

berikan saya waktu lebih panjang lagi agar bisa membahagiakan mereka semua :)


Jayanti 06 Desember 2013


Senin, 02 Desember 2013

ALGERIA National Anthem Lyric


قسما




قسما بالنازلات الماحقات
و الدماء الزاكيات الطاهرات
و البنود اللامعات الخافقات
في الجبال الشامخات الشاهقات
نحن ثرنا فحياة أو ممات
و عقدنا العزم أن تحيا الجزائر
فاشهدوا… فاشهدوا… فاشهدوا

2
نحن جند في سبيل الحق ثرنا
و إلى استقلالنا بالحرب قمنا
لم يكن يصغى لنا لما نطقنا
فاتخذنا رنة البارود وزنا
و عزفنا نغمة الرشاش لحنا
وعقدنا العزم أن تحيا الجزائر
فاشهدوا… فاشهدوا… فاشهدوا

3
يا فرنسا قد مضى وقت العتاب
و طويناه كما يطوى الكتاب
يا فرنسا ان ذا يوم الحساب
فاستعدي و خذي منا الجواب
ان في ثورتنا فصل الخطاب
و عقدنا العزم ان تحيى الجزائر
فاشهدوا… فاشهدوا… فاشهدوا

4
نحن من أبطالنا ندفع جندا
و على أشلائنا نصنع مجدا

2x
و على أرواحنا نصعد خلدا
و على هاماتنا نرفع بندا
جبهة التحرير أعطيناك عهدا
و عقدنا العزم أن تحيا الجزائر
فاشهدوا… فاشهدوا… فاشهدوا

5
صرخة الأوطان من ساح الفدا
فاسمعوها و استجيبوا للندا
و اكتبوها بدماء الشهدا
و اقرأوها لبني الجيل غدا
قد مددنا لك يا مجد يدا
و عقدنا العزم أن تحيا الجزائر
فاشهدوا… فاشهدوا… فاشهدوا

Follow by Email