Jumat, 09 Juni 2017

Menstimulasi Anak Suka Membaca #2

Assalamualaykum wr wb 

#Day 2


Kebersamaan saya  bersama anak (Aisyah; 14mo) hari ini membuat saya tersadarkan terkait beberapa hal. yakni:

 "pada dasarnya semua anak di masa2 golden age ini merupakan masa kritis untuk mengetahui banyak hal, ia tidak pernah lelah untuk mencari tahu terhadap sesuatu yang ia minati. dan keminatan anak sesungguhnya bisa diarahkan oleh orangtua itu sendiri, maka memang sangat penting pada usia 1-2 tahun kita sebagai orangtua benar-benar harus berhati-hati dalam bertingkah laku di hadapan anak. karena ia akan mengcopy-paste setiap apapun yang kita lakukan, dan hal itu dapat menjadi salah satu penyebab keberminatan anak" 

hari ini juga saya diingatkan tentang sebuah hadist yang berbunyi: 

قال النبي صلى الله عليه و سلم ( كل مولود يولد على الفطرة فأبواه يهودانه أو ينصرانه أو يمجسانه 

“Setiap anak dilahirkan dlm keadaan fitrah (Islam), maka kedua orang tuanyalah yg menjadikannya Yahudi, Nashrani atau Majusi.” (HR. al-Bukhari&Muslim)


pada hari pertama (lihat postingan sebelum ini) saya sempat mengatakan bahwa anak saya kurang minat dalam hal membaca. rasanya hari ini saya akan beristighfar sebanyak mungkin dan ingin segera meminta maaf terhadapnya. 

saat ayahnya pergi kemasjid untuk Sholat Jumat, ia terlihat lelah namun tidak juga mau bobo, alhasil saya berinisiatif mencoba untuk mengajaknya baca buku bersama

 Buku yang kami jadikan objek baca kali ini adalah buku bantal yang memang sudah lama saya belikan dengan judul "Mengenal Ciptaan Allah" namun saya belum pernah berhasil untuk membuatnya tertarik.

tidak lupa kami memulainya dengan mambaca Basmallah dan saya mengatakan kepadanya " Aisyah shalihah, kita baca bareng buku ini yuk.. sini Aisyah bunda pangku.. " 

apa dia langsung mau? (NO)
dia lebih asik main lempar2an boneka 

saya coba ambil cara yang kemarin, karena pada hari pertama saya rasa cukup membuat ia dapat tertarik duduk manis di hadapan buku (walau masih sangat sebentar tentunya)

saya ambil boneka yang lain dan saya coba ajak bicara si boneka "beber (boneka beruang) sini bunda pangku ya, kita baca buku bareng yaaa...."

eh eh eh 
saya coba lirik ternyata ia memperhatikan saya dan bonekanya seakan mulai tertarik. 

"Aisyah mau ikut baca juga sama beber sama bunda? sini dipangku juga.. " 

eh eh eh 
dia dengan semangat sambil bawa boneka yang lain benar-benar datang dan langsung ambil posisi di pangkuanm saya dan menodorong si beber sampai jatuh :D

dari mulai halaman judul, kami bolak balik lagi ke halaman berikutnya dan balik lagi kedepan dan begitu seterusnya.. eh ko dy ternyata malah ikut tunjuk-tunjuk juga. bahkan langsung bisa mengikuti beberapa gerakan yang saya contohkan kepadanya. Allahu kariim.... (benar2 masa emas pikir saya)


dan sekarang ketika saya menanyakan bukunya ia akan langsung melihat kesegala arah untuk mencari bukunya dan mengambilnya lalu tak jarang juga menunjuk beberapa objek yang ada di dalam buku tersebut. 
misal : ia menunjuk gambar ayam, ikan, burung sambil menceritakan dengan bahasa ala-alanya. :D

pun misal saya mengatakan "bebek gimana dek bebek" dia akan langsung menggerakkan kedua tangannya dan mengepak2annya. ^^

berikut beberapa momen yang sempat saya dokumentasikan hari ini:

 
ini buku bantal yang kami gunakan hari ini

ini antusiasnya menunjuk berbagai gambar yang ada dibuku


#Tantangan10Hari
#Day2
#KuliahBunSayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Progress Day 4 RBI

Setelah kemarin saya mengevaluasi pada tahap pertama di kurikulum HS Mba Kiki Barkiyah , hari ini saya mencoba melihat  dan mengupas pada ...