Minggu, 07 Januari 2018

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #2

Ada bagian yang sangat saya garis bawahi saat pemaparan materi oleh kelompok 2 kmrn malam.
Yakni :

Ada tiga tujuan utama yang ingin dicapai pada pendidikan fitrah seksualitas :
1. membuat anak mengerti tentang identitas seksualnya. Anak bisa memahami bahwa dia itu laki-laki ataupun perempuan.

2. mengenali peran seksualitas yang ada pada dirinya. Anak mampu menempatkan dirinya sesuai peran seksualitasnya.
Seperti cara berbicara, cara berpakaian atau merasa, berpikir dan bertindak.
Sehingga anak akan mampu dengan tegas menyatakan "saya laki-laki" atau "saya perempuan".

3. mengajarkan anak untuk melindungi dirinya dari kejahatan seksual.

Mengenai tiga hal diatas saya langsung melihat kondisi anak saya yang saat ini hampir berusia 3 th. Dimana ia secara jelas blm pernah mengatakan kalau dy adalah perempuan. Namun secara tidak langsung sering kali saya memberikan pengertian dalam bentuk lain.
Misal perbedaan antara kata Om dan Tante. Nenek dan kakek. Dlll

Di sisi lain Alhamdulillah ia sudah mengetahui identitasnya sebagai seoranf muslimah. Yakni jika keluar rumah ia akan dengan spontan menanyakan "ilbab ana" atau "jilbab mana" dan seringkali tidak mau lepas dari jilbab dengan mengeluarkan kata "malu".
Atau jika ia sedang tdk mah pakai baju saya seringkali membujuknya dg kalimat "pakai baju cantik  Yuk.." dan ia langsung mau.

Terimakasih atas Paparan Materi Kelompok 2
Rita Fitriah Dewi & Winarti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Progress Day 4 RBI

Setelah kemarin saya mengevaluasi pada tahap pertama di kurikulum HS Mba Kiki Barkiyah , hari ini saya mencoba melihat  dan mengupas pada ...