Selasa, 09 Januari 2018

Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak #5

pemaparan kelompok 5 kali sangat singkat dan jelas.
Membahas mengenai "TIPS DAN TRIK Mengenalkan fitrah seksualitas sesuai tahapan "
Dsini saya sangat tekankan pada usia 0-7 tahun.
Saya seolah sambil mereview poin mana saja yg belum pernah saya lakukan untuk aisyah yg saat ini berusia 21 bulan.
Dan ini hasilnya perenungan saya :
- Untuk meminta izin ketika membersihkan BAK / BAB alhamdulillah sudah saya lakukan. Namun belum rutin hanya bbrpakali saja sepanjang usianya. In syaaAllah saya akan mulai untuk rutin meminta izin mulai saat ini :)
- menyebutkan secara benar alat kelaminnya (vagina / penis) dan batu saja saya lakukan itu kmrn. Dan itu ternyta lngsung membuat suami terkejut "bunda ko ngomong gtu ke Aisyah?" dan Alhamdulillah setelah di komunikasi kan akhirnya Suami pun mengerti.
- mengenal kan anak jenis kelamin hanya ada 2. Perempuan dan lelaki.
Sejauh ini belum secara tidak langsung memberitahukan ke Aisyah kalau ia adalah perempuan. Misal saat memakai mukena sholat.
"Kalau mau ikut sholat sama bunda aisyah pake mukena nya ya.. Kan aisyah perempuan sama dg bunda. Kalau ayah laki laki jd gak pake mukena. Yuk pake "
- memberikan penjelasan mengenai adab bersuci. Alhamdulillah hal ini memang sdg berlangsung. Krn kami memang sdg program toilet training.
- memberitahukan batas aurat dan rasa malu.  Sering kali saat belakangan ini dmna sedang melatih toilet training ia sering tidak mau pakai pakaian. Dan disitu lah biasanya saya menjelaskan rasa malu dan batasan aurat.
- memberitahukan batasan tubuh mana saja yg boleh / tdk boleh untuk di sentuh.
Wah sepertinya aisyah sudah hampir hafal juga lagu ini. Walau ada kata2 yg kadang blm bisa menyebutnya

Sekiannn
Terimakasih kelompok #5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Progress Day 4 RBI

Setelah kemarin saya mengevaluasi pada tahap pertama di kurikulum HS Mba Kiki Barkiyah , hari ini saya mencoba melihat  dan mengupas pada ...