Minggu, 03 Desember 2017

Membangun Karakter Anak Melalui Mendongeng #4

"Eh ini putri bunda yang shalihah yaa? 😍😍"  saya coba mengawali dongeng kali ini dengan kalimat diatas dengan berharap dan memastikan kalau ia masih inget dengan cerita sblmnya :)'

Ketika hendak saya ingin mengajak aisyah bermain semi inbond di salah satu pusat perbelanjaan saya mencoba untuk memasukkan nilai anak pemberani. Krn jujur saja aisyah masih blm berani untuk ikut gabung bersama teman2 jika di tempat permainan outdoor.

Saya mencoba mengambil tokoh keberanian dari seekor burung yg kecil berani mengajak teman2 nya ikut serta memadamkan api yg membakar hutan .

"suatu hari saat semua binatang sedang asik bermain di dalam hutan. Tiba2 ada teriakan seekor gajah yg berbunyi " hayu keluar dari hutan ini teman2 hutan kita telah terbakar oleh api.. Ayo segera keluar dr hutan ini sekarang juga!! "

Mendengar teriakan sang gajah tersebut semua binatangpun spontan ikut bergegas melarikan diri keluar hutan.

Mulai dari harimau, gajah, kambing, Kuda, burung, semut, dll.. Semuanya ikut bergegas keluar sambil ikut teriak" hayo teman2 kita harus segera keluar.....!!! "

Saat semua binatang bergegas menyelamatkan diri terlihat datanglah seekor burung kecil yg malah berlalu masuk kehutan. Hingga semua binatang meneriakinya  " hey burung kecil.. Ko malah masuk. Di dalam hutan terjadi sebuah kebakaran. Kamu bisa mati kalau masuk kedalam hutan. Hayo segera keluar.!!"

Dan jawaban si burung kecilpun tanpa di kira akhirnya menjawab "saya akan berusaha memadamkan api di dalam walau hanya dg paruh kecil yg kupunya."

"Waah burung kecil ini berani sekali ya nak! " seperti aisyah :)

Mendengar jawaban tsb teman2 nya langsung ikut berpikir. Untuk membantu si burung kecil tsb.

Kalau bukan kita yg menyelamatkan hutan  siapa lagi dan kelak dmn kita akan tinggal jika semua hutan ini sdh terbakar.

Yup itulah dongeng hari ini yg saya sampaikan untuk aisyah. Dan pas ia takut ketika mulai ikut bermain bareng teman2 nya saya cuma bilang "ayo aisyah berani. Aisyah pintar.." dan iapun langsung bersemangat hingga akhirnya 1jam full main dan mengikuti semua permainan yg ada):)

Dan hari ini ia terlihat sangat lelah sekali.

Sehat ya nak. Barokallah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Progress Day 4 RBI

Setelah kemarin saya mengevaluasi pada tahap pertama di kurikulum HS Mba Kiki Barkiyah , hari ini saya mencoba melihat  dan mengupas pada ...